• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Kendid Mahmudi_1.pdf (560.8Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    KENDID MAHMUDI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran yang menerapkan Lesson Study menggunakan model PBL (problem based learning), (2) Untuk mengkaji pengaruh aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran yang menerapkan Lesson Study menggunakan model PBL (problem based learning) dalam pembelajaran Fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah Quasy eksperimen dan populasi ditentukan dengan tekhnik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jember. Penentuan sampel penelitian dengan purposive sampling area. Rancangan penelitian menggunakan time series design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji t di peroleh nilai t hitung pada masing-masing pertemuan, pertemuan pertama t hitung sebesar 4,003, pada pertemuan kedua sebesar 4,964, pada pertemuan ketiga sebesar 5,087, dan pada pertemuan keempat sebesar 5,849 dengan db=33 pada taraf signifikansi 5% nilai thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎 ) diterima. Hasil analisis aktivitas belajar siswa sebesar 90,60%, hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat dikatakan aktif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Penerapan Lesson Study menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran Fisika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) Penerapan Lesson Study menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran Fisika berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13677
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository