PENERAPAN LESSON STUDY MENGGUNAKAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengkaji pengaruh
hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran yang menerapkan Lesson
Study menggunakan model PBL (problem based learning), (2) Untuk mengkaji
pengaruh aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran yang
menerapkan Lesson Study menggunakan model PBL (problem based learning)
dalam pembelajaran Fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah Quasy eksperimen
dan populasi ditentukan dengan tekhnik purposive sampling area. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jember. Penentuan sampel penelitian dengan
purposive sampling area. Rancangan penelitian menggunakan time series design.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi,
tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji t untuk menjawab rumusan
masalah yang pertama dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab
rumusan masalah yang kedua. Analisis data menggunakan uji t di peroleh nilai t
hitung pada masing-masing pertemuan, pertemuan pertama t hitung sebesar 4,003,
pada pertemuan kedua sebesar 4,964, pada pertemuan ketiga sebesar 5,087, dan
pada pertemuan keempat sebesar 5,849 dengan db=33 pada taraf signifikansi 5%
nilai thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (𝐻0) ditolak dan hipotesis alternatif (𝐻𝑎 )
diterima. Hasil analisis aktivitas belajar siswa sebesar 90,60%, hal ini
menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dapat dikatakan aktif. Berdasarkan
analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1)
Penerapan Lesson Study menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada
pembelajaran Fisika berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, (2) Penerapan
Lesson Study menggunakan PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran
Fisika berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa.