• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Imroatus Sholehah_1.pdf (508.0Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Imroatus Sholehah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Daerah penelitian ini adalah SMPN 1 Pakusari yang ditentukan dengan metode purposive sampling area. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji one way-ANOVA. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII B dan E yang ditentukan dengan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized subject post-test only control group desain. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, tes, dan rubrik. Analisis data hasil belajar menggunakan Independent Samples T-Test sedangkan kemampuan kerja ilmiah siswa menggunakan presentase kemampuan kerja ilmiah siswa. Analisis data hasil belajar fisika siswa menggunakan model experiential learning lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Hal ini diketahui dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 pada tingkat signifikansi α = 0,05 atau (sig < 0,05) yang berarti terdapat perbedaan yang signifikasn antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis kemampuan kerja ilmiah siswa sebesar 81,34% dan dapat dikategorikan baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa : (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model experiential learning dengan pembelajaran Direct instruction pada kelas VIII SMPN 1 Pakusari tahun ajaran 2012/2013. (2) Kemampuan kerja ilmiah siswa kelas VIII SMPN 1 Pakusari selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model experiential learning termasuk kategori baik, dengan presentase sebesar 81,34%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13660
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository