Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Dwi Lestari
dc.date.accessioned2013-12-30T01:08:07Z
dc.date.available2013-12-30T01:08:07Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210204220
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13651
dc.description.abstractKedisiplinan merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau peraturan yang berlaku. Disiplin di sekolah sangat penting untuk diterapkan karena dengan menerapkan disiplin di sekolah, moral siswa akan terbentuk untuk menjadi manusia yang lebih baik. Kenyataan di lapangan terkadang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Seperti yang terjadi di SD Muhammadiyah 05 Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil survei awal yang telah peneliti lakukan di sekolah tersebut, menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa SD Muhammadiyah khususnya siswa kelas IV masih kurang tercapai, hal ini terbukti dengan sering munculnya pelanggaran-pelanggaran peraturan yang terdapat di sekolah tersebut diantaranya, seringnya siswa terlambat masuk sekolah, pada saat pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang kurang merespon perintah guru, dan pada saat guru memberikan tugas masih banyak siswa yang gaduh serta tidak memperhatikan selain itu masih banyak siswa yang mengumpulkan tugas tidak tepat pada waktunya bahkan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kelasnya. Hal tersebut ternyata berimbas pada prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn. Dari hasil tes ulangan harian mata pelajaran PKn semester gasal 2010/2011 diketahui bahwa hasil ulangan harian siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 05 bidang studi PKn kurang memuaskan. Dapat dipaparkan bahwa dari 29 siswa diketahui 34% siswa memiliki sikap disiplin yang baik dan hasil ujian mereka rata-rata di atas 70; 26% siswa memiliki sikap disiplin sedang dan hasil ujian mereka rata-rata di atas 60; sedangkan 40% siswa memiliki sikap tidak disiplin dan hasil ujian mereka di bawah 60. Dalam hal ini dapat dijelaskan bahwa keberhasilan belajar siswa berhubungan dengan kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun ajaran 2010/201. Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten Banyuwangi, kelas IV yang terdiri dari 29 siswa, 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yaitu mencari hubungan antara 2 variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 07 Januari 2011 sampai dengan 31 Januari 2011. Data yang dikumpulkan yaitu hasil observasi, hasil angket, nilai hasil belajar siswa mata pelajaran PKn. Hasil korelasi diambil dari hasil angket yang dikorelasikan dengan nilai hasil belajar siswa diperoleh hasil, bahwa r-empiris sebesar 0,576, hasil analisis tersebut lebih besar dari r tabel product moment untuk N=29 dengan taraf signifikan 5% = 0,367. Hal itu berarti hipotesis alternatif yang berbunyi “Ada Hubungan antara Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Bidang Studi PKn pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011” diterima. Sehingga hasilnya adalah signifikan bahwa 𝑟𝑟𝑥𝑥𝑥𝑥 > 𝑟𝑟𝑡𝑡, yakni hipotesis alternatif di terima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data untuk menguji hipotesis yang di ajukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan prestasi belajar bidang studi PKn pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 05 Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kedisiplinan siswa berhubungan dengan prestasi belajar, semakin tinggi kedisiplinan siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai, namun sebaliknya semakin rendah kedisiplinan yang dimiliki siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar yang di peroleh siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204220;
dc.subjectPRESTASI BELAJARen_US
dc.titleHUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 05 MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record