HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 05 MUNCAR KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Kedisiplinan merupakan kepatuhan untuk menghormati dan melaksanakan
suatu sistem yang mengharuskan orang untuk tunduk pada keputusan, perintah atau
peraturan yang berlaku. Disiplin di sekolah sangat penting untuk diterapkan karena
dengan menerapkan disiplin di sekolah, moral siswa akan terbentuk untuk menjadi
manusia yang lebih baik. Kenyataan di lapangan terkadang tidak sesuai dengan apa
yang diharapkan. Seperti yang terjadi di SD Muhammadiyah 05 Kecamatan Muncar
Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil survei awal yang telah peneliti lakukan di
sekolah tersebut, menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa SD Muhammadiyah
khususnya siswa kelas IV masih kurang tercapai, hal ini terbukti dengan sering
munculnya pelanggaran-pelanggaran peraturan yang terdapat di sekolah tersebut
diantaranya, seringnya siswa terlambat masuk sekolah, pada saat pembelajaran
berlangsung masih banyak siswa yang kurang merespon perintah guru, dan pada saat
guru memberikan tugas masih banyak siswa yang gaduh serta tidak memperhatikan
selain itu masih banyak siswa yang mengumpulkan tugas tidak tepat pada waktunya
bahkan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru kelasnya. Hal tersebut
ternyata berimbas pada prestasi belajar siswa mata pelajaran PKn. Dari hasil tes
ulangan harian mata pelajaran PKn semester gasal 2010/2011 diketahui bahwa hasil
ulangan harian siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 05 bidang studi PKn kurang
memuaskan. Dapat dipaparkan bahwa dari 29 siswa diketahui 34% siswa memiliki sikap disiplin yang baik dan hasil ujian mereka rata-rata di atas 70; 26% siswa
memiliki sikap disiplin sedang dan hasil ujian mereka rata-rata di atas 60; sedangkan
40% siswa memiliki sikap tidak disiplin dan hasil ujian mereka di bawah 60. Dalam
hal ini dapat dijelaskan bahwa keberhasilan belajar siswa berhubungan dengan
kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan
antara kedisiplinan dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan
Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten
Banyuwangi Tahun ajaran 2010/201.
Penelitian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten
Banyuwangi, kelas IV yang terdiri dari 29 siswa, 12 siswa laki-laki dan 17 siswa
perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini
adalah penelitian korelasi yaitu mencari hubungan antara 2 variabel, yaitu variabel
bebas dan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket,
wawancara dan dokumentasi. Pengambilan data dilaksanakan mulai tanggal 07
Januari 2011 sampai dengan 31 Januari 2011.
Data yang dikumpulkan yaitu hasil observasi, hasil angket, nilai hasil belajar
siswa mata pelajaran PKn. Hasil korelasi diambil dari hasil angket yang dikorelasikan
dengan nilai hasil belajar siswa diperoleh hasil, bahwa r-empiris sebesar 0,576, hasil
analisis tersebut lebih besar dari r tabel product moment untuk N=29 dengan taraf
signifikan 5% = 0,367. Hal itu berarti hipotesis alternatif yang berbunyi “Ada
Hubungan antara Kedisiplinan dengan Prestasi Belajar Bidang Studi PKn pada Siswa
Kelas IV SD Muhammadiyah 05 Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran
2010/2011” diterima. Sehingga hasilnya adalah signifikan bahwa 𝑟𝑟𝑥𝑥𝑥𝑥 > 𝑟𝑟𝑡𝑡, yakni
hipotesis alternatif di terima.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data untuk menguji hipotesis yang di
ajukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara
kedisiplinan dengan prestasi belajar bidang studi PKn pada siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 05 Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2010/2011. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat kedisiplinan siswa
berhubungan dengan prestasi belajar, semakin tinggi kedisiplinan siswa maka
semakin tinggi pula prestasi belajar yang dicapai, namun sebaliknya semakin rendah
kedisiplinan yang dimiliki siswa maka semakin rendah pula prestasi belajar yang di
peroleh siswa.