Show simple item record

dc.contributor.authorHeni Lailatul B.
dc.date.accessioned2013-12-30T01:07:05Z
dc.date.available2013-12-30T01:07:05Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM080210192026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13649
dc.description.abstractHasil analisis data dan observasi verifikasi masalah hingga siklus 2 menunjukkan bahwa penerapan Model Problem-Based Instruction dengan metode eksperimen telah berhasil meningkatkan hasil belajar (kognitif dan berpikir kreatif siswa) di kelas VIII-A SMP Negeri 2 Bangorejo, Banyuwangi. Peningkatan hasil belajar terjadi setelah dilakukannya tindakan pada siklus I yaitu sebesar 0,35 dengan kategori sedang. Kemudian setelah dilakukan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dari setelah dilakukannya refleksi pada siklus sebelumnya yaitu sebesar 0,47 dengan kategori sedang. Presentase ketuntasan hasil belajar fisika meningkat dari 66,66 % pada siklus 1 menjadi 80,55% pada siklus 2. Pada siklus 1 kelas belum dikatakan tuntas kemudian pada siklus 2 sudah dapat dikatakan tuntas karena telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal di SMP Negeri 2 Bangorejo yaitu jumlah siswa yang tuntas secara klasikal ≥ 75%. Untuk kemampuan berpikir kreatif siswa juga meningkat dari setiap siklus. Hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus 1 menunjukkan bahwa skor total kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas VIII A adalah 66.20 dan pada siklus 2 adalah 80.55. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan terjadi peningkatan hasil belajar (kognitif dan berpikir kreatif siswa) pada siklus 1 dan siklus 2 dan yang berarti penerapan model Problem-Based Instruction dengan metode eksperimen dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih memahami konsep dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210192026;
dc.subjectProblem Based Instruction (PBI), Metode Eksperimen, Pembelajaran Fisikaen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 BANGOREJO, BANYUWANGI (Tahun Ajaran 2012-2013)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record