• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION, OBSERVATION, EXPLANATION) BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Gilang Ajeng Pratiwi_1.pdf (83.91Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Gilang Ajeng Pratiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Analisa data yang digunakan untuk mendeskripsikan kognitif proses siswa setelah penerapan model pembelajaran POE berdasarkan hasil penilaian jawaban pada Lembar kerja Siswa (LKS). Aspek kognitif proses yang diukur adalah merumuskan hipotesis, menganalisis data, dan menyimpulkan penelitian. Persentase kognitif proses siswa tiap pertemuan berturut-turut adalah 93,9%, 92,3%, 92,3%, dan 93,6%. Sedangkan persentase kognitif proses siswa secara keseluruhan adalah 93,04% dan termasuk dalam kategori baik. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa adalah dengan cara membandingkan peningkatan rata-rata nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata N-gain sebesar 0,49 dan termasuk dalam kategori sedang. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan cara menganalisis dari selisih nilai pre-test dan post-test pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan menggunakan uji t pada SPSS 16, yaitu Independent Samples Test. Hasil penelitian dan analisis data diperoleh sebesar 0,000, menunjukkan bahwa nilainya kurang dari 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Untuk memperkuat hasil signifikansi dapat dilakukan dengan menggunakan perhitungan manual. Pada perhitungan manual nilai thitung > ttabel, yaitu 6,592 >1,97, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan kata lain, ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara menggunakan model POE berbasis keterampilan proses dengan yang tidak menggunakan model POE berbasis keterampilan proses. Berdasarkan hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) kognitif proses siswa dalam pembelajaran fisika setelah menggunakan model POE berbasis keterampilan proses termasuk dalam kategori baik, (2) peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model POE berbasis keterampilan proses termasuk dalam kategori sedang, (3) ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa antara menggunakan model POE berbasis keterampilan proses dengan yang tidak menggunakan model POE berbasis keterampilan proses.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13646
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository