Show simple item record

dc.contributor.authorFikroturrofiah S.P.
dc.date.accessioned2013-12-30T00:57:05Z
dc.date.available2013-12-30T00:57:05Z
dc.date.issued2013-12-30
dc.identifier.nimNIM090210102092
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13642
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis CAI konsep gaya untuk pembelajaran fisika di SMP. Pengembangan bahan ajar berbasis CAI menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan dari aspek waktu dan biaya menyebabkan penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Perbedaan penelitian pengembangan ini dengan penelitian sebelumnya yaitu adanya buku ajar siswa berupa materi pembelajaran dan tutorial, dan evaluasi berupa praktik dan latihan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar uji rumpang, lembar angket respon, serta lembar pre-test dan post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, validasi logis, uji rumpang, angket, dan test. Data yang didapatkan adalah validasi logis bahan ajar berbasis CAI, hasil observasi keterlaksanaan RPP, respon siswa, dan efektifitas pembelajaran. Hasil validasi logis mendapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar interaktif berbasis CAI berkategori valid dengan nilai 4,3 dan memenuhi aspek kelayakan isi, keterbacaan, dan kegrafikaan. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember sebagai kelas untuk uji pengembangan. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember memberikan respon positif terhadap penggunaan bahan ajar interaktif berbasis CAI. Bahan ajar interaktif berbasis CAI memiliki kriteria efektif karena taraf efektifitas () yang didapatkan dari rata-rata nilai pre-test dan post-test adalah 81%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102092;
dc.subjectComputer Assisted Instruction (CAI), Konsep Gaya, Fisikaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) KONSEP GAYA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record