PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) KONSEP GAYA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar berbasis CAI konsep gaya untuk pembelajaran fisika di
SMP. Pengembangan bahan ajar berbasis CAI menggunakan model pengembangan
perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan dari aspek waktu dan biaya menyebabkan
penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat
pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan,
dan tahap pengembangan. Perbedaan penelitian pengembangan ini dengan penelitian
sebelumnya yaitu adanya buku ajar siswa berupa materi pembelajaran dan tutorial,
dan evaluasi berupa praktik dan latihan. Alat perolehan data yang digunakan adalah
lembar validasi, lembar uji rumpang, lembar angket respon, serta lembar pre-test dan
post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi,
validasi logis, uji rumpang, angket, dan test. Data yang didapatkan adalah validasi
logis bahan ajar berbasis CAI, hasil observasi keterlaksanaan RPP, respon siswa, dan
efektifitas pembelajaran.
Hasil validasi logis mendapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar interaktif
berbasis CAI berkategori valid dengan nilai 4,3 dan memenuhi aspek kelayakan isi,
keterbacaan, dan kegrafikaan. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji
homogenitas terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas VIII B SMP Negeri 12
Jember sebagai kelas untuk uji pengembangan. Keterlaksanaan pembelajaran
berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Siswa kelas VIII B SMP
Negeri 12 Jember memberikan respon positif terhadap penggunaan bahan ajar
interaktif berbasis CAI. Bahan ajar interaktif berbasis CAI memiliki kriteria efektif
karena taraf efektifitas () yang didapatkan dari rata-rata nilai pre-test dan post-test
adalah 81%.