• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) KONSEP GAYA UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Fikroturrofiah S.P._1.pdf (270.2Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    Fikroturrofiah S.P.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis CAI konsep gaya untuk pembelajaran fisika di SMP. Pengembangan bahan ajar berbasis CAI menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan dari aspek waktu dan biaya menyebabkan penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Perbedaan penelitian pengembangan ini dengan penelitian sebelumnya yaitu adanya buku ajar siswa berupa materi pembelajaran dan tutorial, dan evaluasi berupa praktik dan latihan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar uji rumpang, lembar angket respon, serta lembar pre-test dan post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, validasi logis, uji rumpang, angket, dan test. Data yang didapatkan adalah validasi logis bahan ajar berbasis CAI, hasil observasi keterlaksanaan RPP, respon siswa, dan efektifitas pembelajaran. Hasil validasi logis mendapatkan kesimpulan bahwa bahan ajar interaktif berbasis CAI berkategori valid dengan nilai 4,3 dan memenuhi aspek kelayakan isi, keterbacaan, dan kegrafikaan. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember sebagai kelas untuk uji pengembangan. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan hasil observasi telah terlaksana dengan baik. Siswa kelas VIII B SMP Negeri 12 Jember memberikan respon positif terhadap penggunaan bahan ajar interaktif berbasis CAI. Bahan ajar interaktif berbasis CAI memiliki kriteria efektif karena taraf efektifitas () yang didapatkan dari rata-rata nilai pre-test dan post-test adalah 81%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13642
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository