• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI METODE EKSPERIMEN TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 AMBULU

    Thumbnail
    View/Open
    Faiqotul Himmah_1.pdf (86.50Kb)
    Date
    2013-12-30
    Author
    FAIQOTUL HIMMAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Ambulu. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 dan hipotesis penelitian 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh nilai t pada equal variance not assumed adalah 62,984 dengan signifikansi (1-tailed) 0,000. Nilai sig  0,05 sehingga skor rata-rata aktivitas belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model PBL disertai metode eksperimen berpengaruh terhadap aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 1 Ambulu. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai t pada equal variance not assumed adalah 3,341 dengan signifikansi (1-tailed) 0,0005  0,05, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Dengan demikian model PBL disertai metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 1 Ambulu. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model PBL disertai metode eksperimen berpengaruh terhadap aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 1 Ambulu, dan (2) model PBL disertai metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII di SMPN 1 Ambulu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13640
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository