Show simple item record

dc.contributor.authorTika Dwi Rahayu
dc.date.accessioned2013-12-28T18:13:35Z
dc.date.available2013-12-28T18:13:35Z
dc.date.issued2013-12-28
dc.identifier.nimNIM080210301041
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13609
dc.description.abstractUjian Tengah Semester dilaksanakan dengan memberikan soal tes kepada siswa. Sebelum guru menyusun soal tes tersebut, guru harus membuat kisi -kisi penyusunan soal untuk memudahkan pembuatan soal pada masing-masing Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan. Bentuk soal yang biasa digunakan saat ujian tengah semester, antara lain soal dalam bentuk obyektif dan soal dalam bentuk essay. Penggunaaan tes pilihan ganda untuk ujian tengah semester di SMA Negeri 5 Jember merupakan hal yang pertama kali dilaksanakan oleh guru dan siswa di sekolah tersebut. Upaya untuk mengetahui apakah soal yang dibuat oleh guru sudah tergolong layak dan baik, serta memberikan hasil yang maksimal dalam mengukur dan meningkatkan tingkat pemahaman siswa, maka dapat dilakukan analisis pada setiap butir soal. Analisis kualitas soal pilihan ganda mata pelajaran Ekonomi buatan guru di SMA Negeri 5 Jem ber wajib dilaksanakan karena hasil nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih di bawah KKM. Hasil analisis terhadap soal buatan guru ini kelak dapat digunakan masuk an bagi guru agar mampu membuat soal-soal yang memenuhi kategori tingkat kesukaran yang proporsional. Bentuk tes yang digunakan guru harus bisa mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya, sehingga guru harus menyusun soal yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui besar kecilnya tingkat kesukaran pada soal ujian tengah semester bentuk pilihan ganda mata pelajaran ekon omi kelas X tahun ajaran 2012 -2013 di SMA Negeri 5 Jember, 2) mengetahui besar kecilnya daya beda pada oal ujian tengah semester bentuk pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X tahun ajaran 2012-2013 di SMA Negeri 5 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 5 Jember dengan objek penelitiannya adalah 40 soal pilihan ganda ujian tengah semester ganjil mata pelajaran ekonomi buatan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan wawancara . Analisis data yang digunakan yaitu analisis tingkat kesukaran dan daya beda soal. Analisis mengenai tingkat kesukaran diperoleh hasil bahwa proporsi tingkat kesukaran soal pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2012 -2013 buatan guru tersebut ialah sebanyak 7 soal yang termasuk dalam kategori soal sukar dan sebanyak 9 soal yang termasuk dalam kategori soal mudah. Dari hasil analisis telah ditemukan bahwa terdapat 24 soal yang baik yaitu soal-soal yang termasuk dalam kategori soal sedang. Hasil analisis mengenai daya beda menunjukkan hanya 7 (17,5%) soal buatan guru memiliki daya beda yang baik, dalam artian soal-soal tersebut mampu mebedakan kemampuan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai. Dari hasil analisis telah ditemukan bahwa hanya 14 (35%) soal memiliki daya beda yang cukup , sedangkan 19 (47,5%) soal memiliki daya beda yang rendah. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa soal pilihan ganda buatan guru yang diujikan pada ujian tengah semester mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2012-2013 masih membutuhkan perbaikan. Soal buatan guru terbukti belum memenuhi syarat tingkat kesukaran soal yang proporsional. Selain itu soal buatan guru tersebut lebih banyak yang memiliki kategori daya beda yang masih rendah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210301041;
dc.subjectKesukaran dan Daya Bedaen_US
dc.titleANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA PADA SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL BENTUK PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2012-2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record