ANALISIS TINGKAT KESUKARAN DAN DAYA BEDA PADA SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL BENTUK PILIHAN GANDA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 5 JEMBER TAHUN AJARAN 2012-2013
Abstract
Ujian Tengah Semester dilaksanakan dengan memberikan soal tes kepada
siswa. Sebelum guru menyusun soal tes tersebut, guru harus membuat kisi
-kisi
penyusunan
soal untuk memudahkan pembuatan soal pada masing-masing
Kompetensi Dasar yang telah ditetapkan. Bentuk soal yang biasa digunakan saat ujian
tengah semester, antara lain soal dalam bentuk obyektif dan soal dalam bentuk
essay.
Penggunaaan tes pilihan ganda untuk ujian tengah semester di SMA Negeri 5 Jember
merupakan hal yang pertama kali dilaksanakan oleh guru dan siswa di sekolah
tersebut.
Upaya untuk mengetahui apakah soal yang dibuat oleh guru sudah tergolong
layak dan baik, serta memberikan hasil yang maksimal dalam mengukur dan
meningkatkan tingkat pemahaman siswa, maka dapat dilakukan analisis pada setiap
butir soal.
Analisis kualitas soal pilihan ganda mata pelajaran Ekonomi buatan guru
di SMA Negeri 5 Jem
ber wajib dilaksanakan karena hasil nilai rata-rata yang
diperoleh siswa masih di bawah KKM. Hasil analisis terhadap soal buatan guru ini
kelak dapat digunakan masuk
an bagi guru agar mampu membuat soal-soal yang
memenuhi kategori tingkat kesukaran yang proporsional.
Bentuk tes yang digunakan guru harus bisa mengukur kemampuan siswa yang
sebenarnya, sehingga guru harus menyusun soal yang berkualitas.
Tujuan dari
penelitian ini adalah: 1)
mengetahui besar kecilnya tingkat kesukaran pada soal ujian
tengah semester bentuk pilihan ganda mata pelajaran ekon
omi kelas X tahun ajaran
2012
-2013 di SMA Negeri 5 Jember, 2) mengetahui besar kecilnya daya beda pada oal ujian tengah semester bentuk pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X
tahun ajaran 2012-2013 di SMA Negeri 5 Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Tempat penelitian
dilaksanakan di SMA
Negeri 5 Jember dengan objek penelitiannya adalah 40 soal
pilihan ganda ujian tengah semester ganjil mata pelajaran ekonomi buatan guru.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi dan
wawancara
. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tingkat kesukaran dan daya
beda soal.
Analisis mengenai tingkat kesukaran diperoleh hasil bahwa proporsi tingkat
kesukaran soal
pilihan ganda mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 5
Jember semester ganjil tahun ajaran 2012
-2013 buatan guru tersebut ialah sebanyak 7
soal yang termasuk dalam kategori soal sukar dan sebanyak 9 soal yang termasuk
dalam kategori soal
mudah. Dari hasil analisis telah ditemukan bahwa terdapat 24
soal yang baik yaitu soal-soal yang termasuk dalam kategori soal sedang.
Hasil analisis mengenai daya beda menunjukkan hanya 7 (17,5%) soal buatan
guru memiliki daya beda yang baik,
dalam artian soal-soal tersebut mampu
mebedakan kemampuan antara siswa yang pandai dengan siswa yang kurang pandai.
Dari hasil analisis telah ditemukan bahwa hanya 14 (35%) soal memiliki daya beda
yang cukup , sedangkan
19 (47,5%) soal memiliki daya beda yang rendah.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa soal
pilihan ganda
buatan guru yang diujikan pada ujian tengah semester mata pelajaran
ekonomi kelas X di SMA Negeri 5 Jember semester ganjil tahun ajaran 2012-2013
masih
membutuhkan perbaikan. Soal buatan guru terbukti belum memenuhi syarat
tingkat kesukaran soal yang proporsional. Selain itu soal buatan guru tersebut lebih
banyak yang memiliki kategori daya beda yang masih rendah.