• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO MELALUI KEGIATAN PEER CORRECTION PADA SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 1 KENCONG

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Ujang Sarwono_001.pdf (169.3Kb)
    Date
    2013-10-21
    Author
    Ujang Sarwono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Pidato Melalui Kegiatan Peer Correction pada Siswa Kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong; Ujang Sarwono; 070210402113; 2011; 107 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia; Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam pembelajaran menulis teks pidato masih belum mencapai ketuntasan belajar. Salah satu faktor penyebabnya adalah strategi pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat tradisional, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif dalam belajar. Penerapan kegiatan peer correction digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis teks pidato. Penerapan peer correction dipilih karena dengan teknik ini siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan koreksi kesalahan berbahasa yaitu menulis. Kegiatan peer correction diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai aturan-aturan yang benar dalam menulis, sehingga kemampuan siswa dalam menulis menjadi meningkat. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini mengangkat permasalahan (1) bagaimanakah penerapan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) bagaimanakah kemampuan menulis siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong dalam menulis teks pidato setelah diterapkan kegiatan peer correction. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) mendeskripsikan kegiatan peer correction untuk meningkatkan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong, dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong setelah diterapkan kegiatan peer correction. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing dilaksanakan dalam 1 kali pertemuan dan dilakukan kolaborasi antara peneliti dengan guru. Data diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan dalam suatu kegiatan pembelajaran, hasil wawancara dengan siswa dan guru Bahasa Indonesia kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menulis teks pidato melalui kegiatan peer correction pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Kencong mengalami peningkatan. Hasil belajar menulis surat dapat diketahui melalui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Pada tahap prasiklus terdapat 20 siswa (50%) yang mendapat nilai < 70. Pada siklus I terjadi peningkatan dari 20 menjadi 31 siswa (77,5%) yang mendapat nilai ≥ 70, akan tetapi belum mencapai ketuntasan secara klasikal (85%), kemudian setelah diterapkan siklus II meningkat menjadi 36 siswa (90%) dan dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran menulis teks pidato melalui kegiatan peer correction pada siklus II, hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan pada siklus II guru lebih aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas, daripada siklus I guru kurang aktif membimbing siswa dalam menyelesaikan tugas, sehingga siswa menjadi kurang termotivasi dalam belajar. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian yaitu: 1) bagi guru bahasa dan sastra Indonesia, pada materi menulis teks pidato, sebaiknya menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis teks pidato seperti memperhatikan struktur kalimat, ejaan, dan penggunaan kalimat efektif dengan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa. Hal ini bertujuan agar siswa tidak mengalami kesulitan saat pembelajaran berlangsun, 2) bagi siswa yang sudah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar, disarankan untuk membiasakan menulis teks pidato agar kemampuan dalam menulis semakin baik, dan 3) bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian yang sejenis dengan bahasan yang berbeda, disarankan merencanakan pembelajaran seoptimal mungkin dan memperhatikan hal-hal yang bersifat penting dalam penulisan teks pidato.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1355
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository