• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-G DI SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Arvian Tikarisnandya_1.pdf (149.6Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    ARVIAN TIKARISNANDYA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini diterapkan pada semeseter genap tahun ajaran 2012/2013 pada pokok bahasan gaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif komparatif. Prosentase ketuntasan hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Analisis data pada siklus 1 menunjukan bahwa kemampuan multirepresentasi fisika siswa kelas VIII-G telah mengalami peningkatan. Prosentase peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dari pra siklus sebesar 33,33% dan pada siklus 1 menjadi 60% namun masih belum dapat dikatakan tuntas karena masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥75%. Prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 2 juga mengalami peningkatan dari 60% pada siklus 1 menjadi 83,33% pada siklus 2. Siklus 2 ini sudah dapat dikatakan tuntas karena prosentase kriteria ketuntasan minimal ≥75%. Siklus 2 2 ini sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal maka telah di adakan siklus 3 yaitu siklus pemantapan menggunakan model pembelajaran CIRC berbasis multirepresentasi dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 86,67% dan dihitung dengan N-gain sebesar 0,67 tergolong peningkatan dalam kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan representasi verbal fisika siswa di kelas VIII-G dalam kategori sedang, (2) peningkatan representasi matematik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori tinggi, (3) peningkatkan representasi gambar fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang, (4) peningkatkan representasi grafik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang, (5) peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-G peningkatanya dalam kategori sedang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13537
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15456]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository