PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE CIRC BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII-G DI SMP NEGERI 4 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini diterapkan pada semeseter genap tahun ajaran 2012/2013
pada pokok bahasan gaya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif komparatif. Prosentase ketuntasan hasil belajar digunakan
untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa antara pembelajaran
pada pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan siklus 3.
Analisis data pada siklus 1 menunjukan bahwa kemampuan
multirepresentasi fisika siswa kelas VIII-G telah mengalami peningkatan.
Prosentase peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika dari pra siklus sebesar
33,33% dan pada siklus 1 menjadi 60% namun masih belum dapat dikatakan
tuntas karena masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥75%.
Prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus 2 juga mengalami peningkatan dari
60% pada siklus 1 menjadi 83,33% pada siklus 2. Siklus 2 ini sudah dapat
dikatakan tuntas karena prosentase kriteria ketuntasan minimal ≥75%. Siklus 2 2
ini sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal maka telah di adakan siklus 3
yaitu siklus pemantapan menggunakan model pembelajaran CIRC berbasis
multirepresentasi dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 86,67% dan dihitung
dengan N-gain sebesar 0,67 tergolong peningkatan dalam kategori sedang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Peningkatan representasi verbal
fisika siswa di kelas VIII-G dalam kategori sedang, (2) peningkatan representasi
matematik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori tinggi, (3) peningkatkan
representasi gambar fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang, (4)
peningkatkan representasi grafik fisika siswa kelas VIII-G dalam kategori sedang,
(5) peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas VIII-G peningkatanya dalam
kategori sedang.