• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Soal Ujian Nasional (UN) Matematika SMK Tahun Ajaran 2011/2012 Berdasarkan Taksonomi SOLO

    Thumbnail
    View/Open
    Nida Nailul Umamah - 080210101041_1.pdf (430.3Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Nida Nailul Umamah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh UN sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan yang kompleksitas soalnya perlu disesuaikan dengan tingkat kemampuan berpikir siswa. Taksonomi SOLO (The Structure of the Observed Learning Outcome) merupakan alat yang mudah dan sederhana untuk menentukan tingkat kompleksitas soal atau pertanyaan. Berdasarkan uraian di atas, diadakan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui persentase masing-masing level taksonomi SOLO pada soal UN Matematika SMK tahun 2011/2012, dan untuk mengetahui komposisi level taksonomi SOLO pada setiap Standar Kompetensi Lulusan Ujian Nasional (SKLUN) Matematika SMK tahun 2011/2012; Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menggambarkan level soal dan komposisi SKLUN matematika SMK berdasarkan taksonomi SOLO. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen soal-soal UN matematika SMK tahun 2012 untuk tiga kelompok kejuruan, yaitu: (1) kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian; (2) kelompok Pariwisata, Seni, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan; dan (3) kelompok Akuntansi dan Penjualan. Dokumen tersebut diperoleh dari arsip yang dimiliki oleh SMKN 1 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa persentase masing-masing level pertanyaan taksonomi SOLO pada soal UN matematika SMK tahun 2012 yang berjumlah 120 soal adalah 0,84% berada pada level Unistruktural, 38,33% berada pada level Multistruktural dan 60,83% berada viii pada level Relasional serta 0% pada level Abstrak diperluas. Komposisi level taksonomi SOLO pada setiap SKLUN Matematika SMK tahun ajaran 2011/2012 berbeda-beda untuk masing-masing kelompok kejuruan. a) Pada kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertanian didominasi oleh SKL yang memuat dua level pertanyaan yaitu level Multistruktural (M) dan Relasional (R). Dari 13 SKL terdapat 6 SKL yang memuat dua level pertanyaan tersebut yaitu SKL nomor 1, 4, 5, 7, 10, 11, 12 dengan persentase level Multistruktural (M) berturut-turut 5%, 5%, 5%, 2,5%, 2,5%, 5%, 7,5% dan persentase level Relasional (R) berturut-turut adalah 5%, 2,5%, 2,5%, 2,5%, 7,5%, 2,5%, 2,5% . Untuk SKL nomer 2, 3, 8, 9 dan 13 hanya memuat satu level pertanyaan yaitu level Relasional (R) dengan persentase berturut-turut adalah 2,5%, 12,5%, 7,5%, 7,5% dan 2,5%. Untuk SKL nomer 6 hanya memuat level Multistruktural dengan persentase 10%. b) Pada kelompok Pariwisata, Seni, Sosial, Administrasi Perkantoran, dan Teknologi Kerumahtanggaan terdapat 5 Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Komposisi tiap-tiap SKL tersebut seragam yaitu memuat level Multistruktural (M) dan Relasional (R). Adapun persentase level Multistruktural (M) dari SKL nomer 1-5 berturut-turut adalah 12,5%, 5%, 2,5%, 7,5% dan 7,5%. Untuk level Relasional (R) berturut-turut adalah 7,5%, 22,5%, 7,5%, 10% dan 17,5%. c) Pada kelompok Akuntansi dan Pemasaran didominasi oleh SKL yang memuat dua level pertanyaan yaitu level Multistruktural (M) dan Relasional (R). Dari 10 SKL terdapat 6 SKL yang memuat dua level pertanyaan tersebut yaitu SKL nomor 1, 3, 4, 6, 8 dan 10 dengan persentase level Multistruktural (M) berturut-turut adalah 2,5%, 5%, 2,5%, 5%, 5%, 5% dan 12,5%. Adapun besar persentase level Relasional (R) untuk 6 SKL tersebut berturut-turut adalah 2,5%, 2,5%, 2,5%, 7,5%, 7,5%, 5%, 12,5% . Untuk SKL nomer 2, 5 dan 7 hanya memuat satu level pertanyaan yaitu level Relasional (R) dengan persentase berturut-turut 10%, 5% dan 5%. Untuk SKL nomer 9 memuat level Unistruktural (U), Multistruktural (M) dan Relasional (R) dengan persentase masing-masing 2,5%, 5% dan 7,5%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13494
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository