• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe CIRC (Cooperatif Integrated Reading And Composition) Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 5 Jember Tahun Ajaran 2012/2013”

    Thumbnail
    View/Open
    Neni Restiana - 080210191024_1.pdf (344.2Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Neni Restiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu kendala utama pembelajaran di sekolah adalah kurang antusiasnya siswa untuk belajar. Siswa cenderung menerima apa yang disampaikan oleh guru, diam, dan enggan mengemukakan pertanyaan atau pendapat. Guru cenderung menggunakan metode ekspositori dalam pembelajaran. Metode ekspositori dianggap sebagai metode yang paling efektif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa pembelajaran tersebut menyebabkan aktivitas siswa menjadi pasif, malas belajar dan muncul rasa bosan dalam diri siswa. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VIIC SMP Negeri 5 Jember. Model pembelajaran kooperatif tipe CIRC merupakan sebuah program komperhensif untuk mengajari membaca, menulis, dan seni bahasa disekolah dasar dan sekolah menengah. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC merupakan pembelajaran yang memadukan fase-fase pembelajaran kooperatif dengan unsur-unsur yang ada pada CIRC melalui tahapan-tahapan pembelajaran yaitu kelompok atau tim, pemberian wacana, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan wacana yaitu membaca berpasangan, mengidentifikasi, dan menemukan kata kunci, pemeriksaan pasangan, presentasi kelompok, membuat kesimpulan, dan tes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, menganalisis aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC pada pokok bahasan aritmatika sosial siswa kelas VIIC SMP Negeri 5 Jember tahun ajaran 2012/2013. viii Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Berdasarkan analisis hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa diketahui bahwa persentase aktivitas guru mengajar pada siklus I pembelajaran I sebesar 77.78%, dan pembelajaran II sebesar 86.11% sedangkan persentase aktivitas guru mengajar pada siklus II pembelajaran I sebesar 91,67% dan pembelajaran II sebesar 94.44%. Persentase aktivitas siswa secara individu pada siklus I pembelajaran I sebesar 76.4% dan pembelajaran II sebesar 79.19% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 81.08% dana pembelajaran II sebesar 98.63%. Persentase aktivitas siswa secara kelompok pada siklus I pembelajaran I sebesar 63.89% dan pembelajaran II sebesar 63.89% sedangkan siklus II pembelajaran I sebesar 86.11% dan pada pembelajaran II sebesar 93.51%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 65.79% sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 81.58%. Karena ketuntasan klasikal pada siklus II ≥75% maka hasil pelaksanaan siklus II telah memenuhi kriteria yang ditentukan sehingga tidak perlu dilaksanakan penambahan siklus. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC efektif digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 5 Jember pada pokok bahasan aritmatika sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13485
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository