dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penilaian aktivitas yg meliputi memperhatikan guru,
keaktifan dalam diskusi, mengerjakan LKS, betanya dan juga menjawab, dipeoleh
hasil yaitu pembelajaran melalui metode pemainan dengan media kartu kwartet
berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13
Jember. Terkait dengan aspek memperhatikan penjelasan guru, pembelajaran melalui
permainan dengan menggunakan media kartu kwatet mampu meningkatkan perhatian
siswa dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih nilai rerata 3,31% yaitu kelas
eksperimen 92,19% dan kelas kontrol 88,88%.
Pada aspek kedua aktivitas dalam berdiskusi selisih erata nilai yaitu 15,18%
yaitu kelas eksperimen 84,37% dan kelas kontrol 69,19%. Pada aspek ketiga
mengerjakan tugas berupa lembar kerja siswa selisih rerata nilai 5,02% yaitu kelas
eksperimen 80,27% dan kelas kontrol 75,25%. Pada aspek selanjutnya aktivitas
bertanya atau menyampaikan pendapat selisih rerata nilai 21,01% yaitu kelas
eksperimen 74,54% dan kelas kontrol 53,53%.
Aspek yang terakhir aktivitas dalam menjawab atau menanggapai pendapat
selisih rerata nilai 11,38% yaitu kelas eksperimen 75,52% dan kelas kontrol 64,14%.
Sedangkan pembelajaran melalui permainan dengan media kartu kwartet juga
berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember
pada materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar kognitif dapat dilihat secara
klasikal dari selisih rerata nilai pretest dan posttes antara kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Kelas eksperimen yaitu 11,6% dan kelas kontrol 9,1%. Dari keduanya selisih
rerata nilai yaitu 2,5%.
Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode permainan dengan
media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa
kelas VII SMP Negeri 13 Jember. | en_US |