• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI METODE PERMAINAN DENGAN MEDIA KARTU KWARTET TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (SISWA KELAS VII SMP NEGERI 13 KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013)

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Darma Nitis Rachmayati F._1.pdf (218.0Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Putri Darma Nitis Rachmayati F.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penilaian aktivitas yg meliputi memperhatikan guru, keaktifan dalam diskusi, mengerjakan LKS, betanya dan juga menjawab, dipeoleh hasil yaitu pembelajaran melalui metode pemainan dengan media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember. Terkait dengan aspek memperhatikan penjelasan guru, pembelajaran melalui permainan dengan menggunakan media kartu kwatet mampu meningkatkan perhatian siswa dibandingkan dengan kelas kontrol dengan selisih nilai rerata 3,31% yaitu kelas eksperimen 92,19% dan kelas kontrol 88,88%. Pada aspek kedua aktivitas dalam berdiskusi selisih erata nilai yaitu 15,18% yaitu kelas eksperimen 84,37% dan kelas kontrol 69,19%. Pada aspek ketiga mengerjakan tugas berupa lembar kerja siswa selisih rerata nilai 5,02% yaitu kelas eksperimen 80,27% dan kelas kontrol 75,25%. Pada aspek selanjutnya aktivitas bertanya atau menyampaikan pendapat selisih rerata nilai 21,01% yaitu kelas eksperimen 74,54% dan kelas kontrol 53,53%. Aspek yang terakhir aktivitas dalam menjawab atau menanggapai pendapat selisih rerata nilai 11,38% yaitu kelas eksperimen 75,52% dan kelas kontrol 64,14%. Sedangkan pembelajaran melalui permainan dengan media kartu kwartet juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember pada materi klasifikasi makhluk hidup. Hasil belajar kognitif dapat dilihat secara klasikal dari selisih rerata nilai pretest dan posttes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu 11,6% dan kelas kontrol 9,1%. Dari keduanya selisih rerata nilai yaitu 2,5%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode permainan dengan media kartu kwartet berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 13 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13484
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository