MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 1 SITUBONDO MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)
Abstract
Salah satu  anggapan bahwa setiap orang dengan sendirinya dapat berbicara 
telah menyebabkan pembinaan kemampuan berbicara sering diabaikan.  Hasil 
pengamatan yang dilakukan di kelas menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran 
berbicara belum sepenuhnya sesuai dengan  tujuan pembelajaran yang diharapkan. 
Hal  tersebut dapat dilihat  dalam proses  pembelajaran menyampaikan pendapat 
melalui forum diskusi  di kelas. Dalam pembelajaran tersebut  belum  terlihat  adanya 
interaksi yang aktif secara menyeluruh baik antara guru dengan siswa maupun kerja 
sama  antarsiswa.  Kegiatan  diskusi lebih didominasi oleh siswa yang pandai dan 
memiliki keterampilan berbicara yang baik dibanding siswa lain. Kesulitan berbicara 
siswa terletak pada kurangnya rasa percaya diri siswa untuk berbicara dalam situasi 
formal  khususnya tampil di depan kelas. Biasanya dalam hal ini sering timbul rasa 
gugup, sehingga gagasan yang dikemukakan menjadi tidak teratur dan akhirnya 
bahasannya pun menjadi tidak teratur.  
Strategi  pembelajaran kooperatif model  Numbered Head Together  (NHT) 
dapat membantu meningkatkan  keterampilan berbicara siswa.  Model  Pembelajaran 
ini lebih memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk 
memahami materi pelajaran baik secara berkelompok maupun individual  sehingga 
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.  
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yang dikemukakan 
adalah (1) bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif model 
Numbered Heads Together  (NHT) untuk meningkatkan keterampilan berdiskusi siswa kelas VIIIA  MTs Negeri 1 Situbondo?, (2) bagaimanakah keterampilan 
berdiskusi  siswa  kelas VIIIA  MTs Negeri 1 Situbondo setelah diterapkan 
pembelajaran dengan strategi kooperatif model  Numbered Heads Together  (NHT)?. 
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah:  (1) penerapan strategi strategi 
pembelajaran kooperatif model  Numbered Heads Together  (NHT) untuk 
meningkatkan keterampilan berdiskusi  siswa kelas VIIIA  MTs Negeri 1 Situbondo 
(2)  peningkatan keterampilan berdiskusi  siswa  siswa kelas VIIIA  MTs Negeri 1 
Situbondo setelah diterapkan pembelajaran dengan strategi kooperatif model 
Numbered Heads Together (NHT). 
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo  pada 
tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 26  Mei 2011  yang terdiri atas  30 siswa. Siswa 
dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Metode pengumpulan data melalui 
observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa 
penilaian keterampilan berbicara siswa dan aktivitas siswa saat melakukan kegiatan 
diskusi. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 46% dan penilaian 
keterampilan berbicara siswa secara individu mencapai 51,43% serta presentase 
ketuntasan klasikal sebesar 67,64%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal 
mencapai 67,43%, dan penilaian keterampilan berbicara siswa secara individu 
mencapai 94,29% serta persentase  ketuntasan klasikal sebesar 77% sehingga telah 
memenuhi standar  Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MTs Negei 1 Situbondo. 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah  siswa mengalami peningkatan 
keterampilan berbicara dan aktivitas belajar  dalam kegiatan diskusi. Peningkatan 
aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,43% sedangkan hasil 
belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 42,86%. Penerapan 
model  Numbered Heads Together (NHT)  dapat menciptakan suasana belajar yang 
aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dan 
melatih keterampilan berbicara siswa dengan cara pembentukan kerjasama yang baik 
sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain,  serta dapat 
meningkatkan keakraban siswa.
