• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN HARGA DIRI MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS III SDN 7 KEDUNGGEBANG KECAMATAN TEGALDLIMO KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Fadhilah Sartika_080210204072_001.pdf (67.50Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    FADHILAH SARTIKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran materi PKn SD sangat abstrak. Untuk membantu siswa memahami konsep yang abstrak memerlukan bantuan media. Buku Cerita bergambar yang dalam penyajiannya menggunakan bahasa sehari-hari dan dilengkapi gambar yang menarik memudahkan siswa memahami materi yang dipelajari, sehingga pembelajaran PKn khususnya pokok bahasan harga diri yang bersifat abstrak akan lebih bermakna bagi siswa dan mencapai tujuan pembelajaran. Keberhasilan siswa dan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar diukur berdasarkan Standar Ketuntasan Minimal (SKM). SKM mata pelajaran PKn SDN 7 Kedunggebang Kec. Tegaldlimo Kab. Banyuwangi adalah ≥ 65, akan tetapi hasil belajar siswa kelas III SDN 7 Kedunggebang Banyuwangi belum mencapai ketuntasan. Hal ini bisa dilihat dari hasil ulangan harian yang dilakukan lima kali pada semester I dalam pembelajaran PKn siswa kelas III SDN 7 Kedunggebang Banyuwangi, yaitu siswa yang tuntas sejumlah 9 siswa dan yang tidak tuntas 16 siswa dengan nilai rata-rata kelas 52,45 dan persentase ketuntasan klasikal 36%. Dari hasil wawancara dan observasi di SDN 7 Kedunggebang permasalahan dalam pembelajaran PKn antara lain kurangnya minat baca siswa terhadap isi bacaan yang terdapat dalam buku paket di sekolah dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui aktivitas siswa kelas III SDN 7 Kedunggebang Banyuwangi dalam penerapan media buku cerita bergambar pada pembelajaran PKn pokok bahasan harga diri; (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pokok bahasan harga diri menggunakan media buku cerita bergambar siswa kelas III SDN 7 Kedunggebang Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Data dikumpulkan melalui metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisis tes individu, dan tes kelompok. Penelitian dimulai dengan memberikan surat ijin penelitian kepada kepala sekolah SDN 7 Kedunggebang tanggal 05 Januari 2011 sampai pelaksanaan pertemuan terakhir tanggal 21 Januari 2011 dengan subyek penelitian siswa kelas III SD Negeri 7 Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa secara individu dan kelompok, aktivitas guru, serta hasil belajar dari tes individu. Dari hasil penelitian diketahui bahwa, aktivitas kelompok pada siklus I sebesar 71% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I sebesar 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Persentase aktivitas guru sebesar 88% pada siklus I meningkat menjadi 97% pada siklus II. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada tahap prasiklus terdapat 11 siswa (44%) yang mendapat nilai ≥ 65. Pada kegiatan siklus I terjadi peningkatan 19 siswa (76%) yang mendapat nilai ≥ 65. Melalui perencanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II siswa yang mendapat nilai ≥ 65 meningkat menjadi 22 siswa (88%). Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar maka siswa kelas III SDN 7 Kedunggebang dapat dikatakan telah mencapai target SKM yang telah ditentukan. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran buku cerita bergambar mampu meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran dan mampu melatih siswa untuk dapat bekerja sama dalam kelompok. Pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran buku cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan harga diri.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13440
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository