Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Wahyu Kinanti
dc.date.accessioned2013-12-27T04:03:55Z
dc.date.available2013-12-27T04:03:55Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210193018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13394
dc.description.abstractModel pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan permainan Teka-Teki Silang merupakan model pembelajaran kelompok yang mengajak siswa bermain sambil belajar, setiap kelompok tugas yang diberikan guru dan saling mengeluarkan ide-ide untuk memahami suatu konsep. Model pembelajaran ini menggunakan permainan Teka-Teki Silang yang akan membuat siswa tertarik dan TTS juga dapat mengembangkan intuisi siswa untuk berupaya memahami lebih banyak kosa kata karena adanya unsur tantangan yang menimbulkan rasa penasaran serta TTS melatih siswa untuk meningkatkan daya ingat terhadap pelajaran. Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan permainan TTS digunakan untuk mengatasi masalah di SMP Negeri 14 Jember yang terjadi pada siswa kelas VII D. Siswa kelas VII adalah siswa yang mengalami masa transisi dari sekolah dasar ke sekolah menengah. Siswa cenderung melakukan aktivitas belajar dengan tidak meninggalkan kebiasaan di sekolah dasar dan masih senang bergerak aktif, sehingga proses pembelajaran yang cocok bagi mereka adalah pembelajaran yang melibatkan permainan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D SMP Negeri 14 Jember yang terdiri dari 38 siswa, 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen berdasarkan hasil ulangan dan penilaian lain dari guru, untuk pembagian kelompok yang berikutnya didasarkan pada nomor undian yang mereka dapatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 vii siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi, Observasi, Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari 2013 sampai 26 Januari 2013 dengan subyek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 14 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian motivasi siswa, aktivitas guru dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran Teams Games Tournament dengan permainan Teka Teki Silang berlangsung. Hasil analisis peningkatan dari pra siklus I ke pasca siklus II. Pada aspek attitude mengalami peningkatan sebesar 2,11 (7,07%), aspek relevance meningkat sebesar 3,29 (10,96%), aspek confidence meningkat sebesar 4,95 (16,47%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,69 (8,293%). Peningkatan hasil beajar siswa dapat dilihat dari nilai kognitif dan afektif. Nilai kognitif diambil dari nilai pos tes di setiap akhir siklus. Analisis ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 39,4% atau 15 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sedangkan siklus I (Pos tes I) mencapai 76,3%, pada siklus II mencapai 92,1%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,8%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa kelas VII D mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan permainan teka teki silang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pelajaran Biologi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210193018;
dc.subjectModel Pembelajaran Teams Games Tournamenten_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Permainan Teka Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Ekosistem di SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record