• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Permainan Teka Teki Silang (TTS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi (Pokok Bahasan Ekosistem di SMP Negeri 14 Jember tahun ajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Putri Wahyu Kinanti - 080210193018_1.pdf (157.5Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Putri Wahyu Kinanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) dengan permainan Teka-Teki Silang merupakan model pembelajaran kelompok yang mengajak siswa bermain sambil belajar, setiap kelompok tugas yang diberikan guru dan saling mengeluarkan ide-ide untuk memahami suatu konsep. Model pembelajaran ini menggunakan permainan Teka-Teki Silang yang akan membuat siswa tertarik dan TTS juga dapat mengembangkan intuisi siswa untuk berupaya memahami lebih banyak kosa kata karena adanya unsur tantangan yang menimbulkan rasa penasaran serta TTS melatih siswa untuk meningkatkan daya ingat terhadap pelajaran. Model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan permainan TTS digunakan untuk mengatasi masalah di SMP Negeri 14 Jember yang terjadi pada siswa kelas VII D. Siswa kelas VII adalah siswa yang mengalami masa transisi dari sekolah dasar ke sekolah menengah. Siswa cenderung melakukan aktivitas belajar dengan tidak meninggalkan kebiasaan di sekolah dasar dan masih senang bergerak aktif, sehingga proses pembelajaran yang cocok bagi mereka adalah pembelajaran yang melibatkan permainan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII D SMP Negeri 14 Jember yang terdiri dari 38 siswa, 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen berdasarkan hasil ulangan dan penilaian lain dari guru, untuk pembagian kelompok yang berikutnya didasarkan pada nomor undian yang mereka dapatkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 vii siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi Dokumentasi, Observasi, Wawancara dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif menganalisis data berupa observasi dan wawancara, sedangkan deskriptif kuantitatif menganalisis hasil tes individu. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Januari 2013 sampai 26 Januari 2013 dengan subyek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 14 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian motivasi siswa, aktivitas guru dan hasil tes individu pada saat penerapan pembelajaran Teams Games Tournament dengan permainan Teka Teki Silang berlangsung. Hasil analisis peningkatan dari pra siklus I ke pasca siklus II. Pada aspek attitude mengalami peningkatan sebesar 2,11 (7,07%), aspek relevance meningkat sebesar 3,29 (10,96%), aspek confidence meningkat sebesar 4,95 (16,47%), dan aspek satisfaction meningkat sebesar 2,69 (8,293%). Peningkatan hasil beajar siswa dapat dilihat dari nilai kognitif dan afektif. Nilai kognitif diambil dari nilai pos tes di setiap akhir siklus. Analisis ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 39,4% atau 15 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 sedangkan siklus I (Pos tes I) mencapai 76,3%, pada siklus II mencapai 92,1%. Hal itu berarti ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 15,8%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, secara klasikal siswa kelas VII D mencapai ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dengan permainan teka teki silang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa khususnya pelajaran Biologi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13394
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository