Show simple item record

dc.contributor.authorParamitha Cahyani
dc.date.accessioned2013-12-27T03:57:46Z
dc.date.available2013-12-27T03:57:46Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM070210103093
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13390
dc.description.abstractParadigma baru pendidikan, menghendaki dilakukan inovasi yang terintegrasi dan berkesinambungan. Salah satu wujudnya adalah inovasi yang dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Informasi yang akurat tentang hasil belajar, minat dan kebutuhan siswa hanya dapat diperoleh melalui asesmen dan evaluasi yang efektif. Penilaian yang biasa digunakan dalam sistem pendidikan kita adalah melalui deskripsi kuantitatif, yaitu tes (tertulis). Sedangkan asesmen yang sedang berkembang saat ini adalah penilaian portofolio yang disinyalir memiliki banyak manfaat baik bagi guru maupun bagi siswa. Penggunaan asesmen yang tepat juga dapat melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir siswa, termasuk didalamnya keterampilan berpikir kreatif, sehingga penguasaan guru dalam asesmen portofolio merupakan salah satu langkah awal dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui suatu model penilaian yang objektif berupa penilaian portofolio. Penggunaan asesmen portofolio yang sekarang ini dianggap lebih baik dan mewakili setiap aspek penilaian pada siswa tentunya harus disadari oleh guru sebagai penyelenggara asesmen, sehingga guru dapat mewujudkan suatu asesmen yang dibutuhkan oleh siswanya, yang dapat mencakup segala aspek dan bersifat otentik, karena itu penguasaan guru akan hakikat penilaian portofolio pada bidang studi yang diajarkannya menjadi penting untung diteliti dan dikaji, oleh karena itu, penguasaan guru terhadap pengembangan model asesmen portofolio ini perlu diteliti perkembangannya di sekolah yang ada di wilayah kabupaten Jember, Hasil penelitian menunjukkan Penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap asesmen portofolio meliputi pengertian asesmen portofolio hasilnya adalah 73% dengan kriteria cukup baik, tujuan penilaian asesmen portofolio sebesar 35% dengan viii kriteria tidak baik, definisi portofolio dengan persentase 73% dengan kriteria cukup baik, sistematika penyusunan portofolio persentasenya 50% dengan kriteria kurang baik serta penjabaran unsur portofolio sebesar 35% dengan kriteria tidak baik. Kendala yang mempengaruhi penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap asesmen portofolio antara lain efisiensi waktu dengan persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat mempengaruhi, kemudian ketidaksesuaian materi dengan bentuk asesmen portofolio sebesar 73% dengan kriteria cukup mempengaruhi, serta kesulitan melakukan penilaian yang persentasenya sebesar 60% dengan kriteria cukup mempengaruhi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103093;
dc.subjectAsesmen Portofolioen_US
dc.titlePenguasaan Guru Biologi SMA Swasta Kabupaten Jember Tentang Asesmen Portofolio Dalam Upaya Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatifen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record