• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penguasaan Guru Biologi SMA Swasta Kabupaten Jember Tentang Asesmen Portofolio Dalam Upaya Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif

    Thumbnail
    View/Open
    Paramitha Cahyani - 070210103093_1.pdf (194.1Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Paramitha Cahyani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Paradigma baru pendidikan, menghendaki dilakukan inovasi yang terintegrasi dan berkesinambungan. Salah satu wujudnya adalah inovasi yang dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Informasi yang akurat tentang hasil belajar, minat dan kebutuhan siswa hanya dapat diperoleh melalui asesmen dan evaluasi yang efektif. Penilaian yang biasa digunakan dalam sistem pendidikan kita adalah melalui deskripsi kuantitatif, yaitu tes (tertulis). Sedangkan asesmen yang sedang berkembang saat ini adalah penilaian portofolio yang disinyalir memiliki banyak manfaat baik bagi guru maupun bagi siswa. Penggunaan asesmen yang tepat juga dapat melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir siswa, termasuk didalamnya keterampilan berpikir kreatif, sehingga penguasaan guru dalam asesmen portofolio merupakan salah satu langkah awal dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui suatu model penilaian yang objektif berupa penilaian portofolio. Penggunaan asesmen portofolio yang sekarang ini dianggap lebih baik dan mewakili setiap aspek penilaian pada siswa tentunya harus disadari oleh guru sebagai penyelenggara asesmen, sehingga guru dapat mewujudkan suatu asesmen yang dibutuhkan oleh siswanya, yang dapat mencakup segala aspek dan bersifat otentik, karena itu penguasaan guru akan hakikat penilaian portofolio pada bidang studi yang diajarkannya menjadi penting untung diteliti dan dikaji, oleh karena itu, penguasaan guru terhadap pengembangan model asesmen portofolio ini perlu diteliti perkembangannya di sekolah yang ada di wilayah kabupaten Jember, Hasil penelitian menunjukkan Penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap asesmen portofolio meliputi pengertian asesmen portofolio hasilnya adalah 73% dengan kriteria cukup baik, tujuan penilaian asesmen portofolio sebesar 35% dengan viii kriteria tidak baik, definisi portofolio dengan persentase 73% dengan kriteria cukup baik, sistematika penyusunan portofolio persentasenya 50% dengan kriteria kurang baik serta penjabaran unsur portofolio sebesar 35% dengan kriteria tidak baik. Kendala yang mempengaruhi penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap asesmen portofolio antara lain efisiensi waktu dengan persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat mempengaruhi, kemudian ketidaksesuaian materi dengan bentuk asesmen portofolio sebesar 73% dengan kriteria cukup mempengaruhi, serta kesulitan melakukan penilaian yang persentasenya sebesar 60% dengan kriteria cukup mempengaruhi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13390
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository