Penguasaan Guru Biologi SMA Swasta Kabupaten Jember Tentang Asesmen Portofolio Dalam Upaya Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif
Abstract
Paradigma baru pendidikan, menghendaki dilakukan inovasi yang terintegrasi
dan berkesinambungan. Salah satu wujudnya adalah inovasi yang dilakukan guru
dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Informasi yang akurat tentang hasil belajar,
minat dan kebutuhan siswa hanya dapat diperoleh melalui asesmen dan evaluasi yang
efektif. Penilaian yang biasa digunakan dalam sistem pendidikan kita adalah melalui
deskripsi kuantitatif, yaitu tes (tertulis). Sedangkan asesmen yang sedang
berkembang saat ini adalah penilaian portofolio yang disinyalir memiliki banyak
manfaat baik bagi guru maupun bagi siswa. Penggunaan asesmen yang tepat juga
dapat melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir siswa, termasuk
didalamnya keterampilan berpikir kreatif, sehingga penguasaan guru dalam asesmen
portofolio merupakan salah satu langkah awal dalam meningkatkan kreativitas siswa
melalui suatu model penilaian yang objektif berupa penilaian portofolio.
Penggunaan asesmen portofolio yang sekarang ini dianggap lebih baik dan
mewakili setiap aspek penilaian pada siswa tentunya harus disadari oleh guru sebagai
penyelenggara asesmen, sehingga guru dapat mewujudkan suatu asesmen yang
dibutuhkan oleh siswanya, yang dapat mencakup segala aspek dan bersifat otentik,
karena itu penguasaan guru akan hakikat penilaian portofolio pada bidang studi yang
diajarkannya menjadi penting untung diteliti dan dikaji, oleh karena itu, penguasaan
guru terhadap pengembangan model asesmen portofolio ini perlu diteliti
perkembangannya di sekolah yang ada di wilayah kabupaten Jember,
Hasil penelitian menunjukkan Penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap
asesmen portofolio meliputi pengertian asesmen portofolio hasilnya adalah 73%
dengan kriteria cukup baik, tujuan penilaian asesmen portofolio sebesar 35% dengan
viii
kriteria tidak baik, definisi portofolio dengan persentase 73% dengan kriteria cukup
baik, sistematika penyusunan portofolio persentasenya 50% dengan kriteria kurang
baik serta penjabaran unsur portofolio sebesar 35% dengan kriteria tidak baik.
Kendala yang mempengaruhi penguasaan guru Biologi SMA swasta terhadap
asesmen portofolio antara lain efisiensi waktu dengan persentase sebesar 86% dengan
kriteria sangat mempengaruhi, kemudian ketidaksesuaian materi dengan bentuk
asesmen portofolio sebesar 73% dengan kriteria cukup mempengaruhi, serta kesulitan
melakukan penilaian yang persentasenya sebesar 60% dengan kriteria cukup
mempengaruhi.