• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember.

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Amida Kriana - 090210103073_1.pdf (179.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Nur Amida Kriana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan. Proses pendidikan tak dapat dipisahkan dari proses pembangunan itu sendiri. Kunci pembangunan masa mendatang bagi bangsa Indonesia adalah pendidikan, sebab dengan pendidikan diharapkan setiap individu dapat meningkatkan kualitas keberadaannya dan mampu memberdayakan potensi alam serta lingkungan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar Biologi dengan penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember dan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi dengan penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan di MAN 1 Jember. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap bulan April sampai Mei tahun ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember dengan jumlah siswa 35 siswa yaitu 26 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang dilakukan yaitu aktivitas belajar siswa yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan hasil belajar siswa yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dalam penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember. Pada aktivitas memperhatikan pelajaran pada pra siklus sebesar 70,71%, siklus I sebesar 80% viii meningkat menjadi 87,14% pada siklus II, dengan demikian perhatian siswa terhadap pelajaran terjadi peningkatan sebesar 9,43%. Aktivitas bertanya atau menjawab pertanyaan juga meningkat dari siklus pra siklus yang sebesar 55,71% menjadi 64,29% pada siklus I, serta pada siklus II sebesar 71,71%, atau meningkat sebesar 16%. Pada aktivitas mencatat meningkat sebesar 8,58% yaitu dari pra siklus 85,71%, siklus I sebesar 90% menjadi 94,29% pada siklus II. Aktivitas diskusi meningkat sebesar 16,72% dari pra siklus 55,71% menjadi 66,08% pada siklus I, serta 72,43% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada pra siklus sebesar 73,09, siklus I sebesar 77,49 dan pada siklus II sebesar 80,40 dan mengalami peningkatan sebesar 7,31%. Pada aspek afektif juga mengalami peningkatan sebesar 8,34% yaitu dari pra siklus 71,23, siklus I sebesar 75,39 menjadi 79,57 pada siklus II. Terakhir pada aspek psikomotorik yang juga mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 72,20, siklus I sebesar 76,90 dan pada siklus II menjadi 78,45 atau meningkat sebesar 6,25%. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember yaitu pada aspek kognitif pada pra siklus sebesar 62,86%, siklus I sebesar 77,14%, dan siklus II 85,71%, terjadi peningkatan sebesar 22,85%. Pada aspek afektif mengalami kenaikan 22,72% dari pra siklus sebesar 57,14%, siklus I yaitu 77,14%, dan siklus II sebesar 82,86%. Adapun pada aspek psikomotor dengan ketuntasan pada pra siklus sebesar 68,57%, siklus I yaitu 77,14% dan siklus II yaitu 85,71%, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 17,14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 di MAN 1 Jember dan dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar yang ditentukan. Diharapkan dengan adanya penelitian mengenai model pembelajaran ARIAS ini, guru hendaknya dapat menerapkan dan melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13387
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository