PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) PADA POKOK BAHASAN METABOLISME KARBOHIDRAT KELAS XII SMA
Abstract
Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan
validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi
dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMA di Kabupaten Jember yaitu SMAN
1 Jember, SMAN Ambulu, dan SMAN Arjasa. Berdasarkan hasil validasi, diketahui
rata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang
dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam
pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu
diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator.
Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba terbatas. Uji
coba terbatas dilakukan dengan 9 orang siswa kelas XII yang sebelumnya pernah
mendapatkan materi metabolisme karbohidrat. Hasil angket mengenai uji keterbacaan
dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan
mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan
bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku
siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata
persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang
dikembangkan sedangkan hanya 23,81% yang tidak merespon positif. Artinya siswa
sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan pemaparan
hasil penelitian di atas maka dapat dikatakan bahwa buku siswa yang dikembangkan
valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang
dikembangkan telah mengulas materi metabolisme karbohidrat secara keseluruhan
dan telah melewati tahap validasi dan revisi hingga bahan ajar dikatakan valid.