• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) PADA POKOK BAHASAN METABOLISME KARBOHIDRAT KELAS XII SMA

    Thumbnail
    View/Open
    Dian Eka Aprilia Fitria Ningrum_1.pdf (283.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Dian Eka Aprilia Fitria Ningrum
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Data hasil penelitian diperoleh dari hasil validasi pada validator ahli dan validator pengguna. Validator ahli terdiri atas tiga dosen jurusan pendidikan Biologi dan validator pengguna terdiri atas tiga guru SMA di Kabupaten Jember yaitu SMAN 1 Jember, SMAN Ambulu, dan SMAN Arjasa. Berdasarkan hasil validasi, diketahui rata-rata persentase nilai yaitu 77,85%. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berupa buku siswa memiliki kualifikasi valid atau layak digunakan dalam pembelajaran dengan melakukan revisi kecil-kecilan terhadap substansi yang perlu diperbaiki berdasarkan kritik dan saran dari para validator. Data hasil penelitian juga didapat setelah melakukan uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan dengan 9 orang siswa kelas XII yang sebelumnya pernah mendapatkan materi metabolisme karbohidrat. Hasil angket mengenai uji keterbacaan dan tingkat kesulitan yaitu persentase rata-rata sebesar 81,48% siswa mengatakan mudah dan sisanya 18,52% siswa mengatakan sulit, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa siswa mampu menangkap dan memahami materi yang terdapat di dalam buku siswa. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa secara umum diperoleh rata-rata persentase 76,19% siswa memberikan respon positif terhadap bahan ajar yang dikembangkan sedangkan hanya 23,81% yang tidak merespon positif. Artinya siswa sudah bisa memahami bahan ajar yang telah dikembangkan. Berdasarkan pemaparan hasil penelitian di atas maka dapat dikatakan bahwa buku siswa yang dikembangkan valid, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran di kelas. Bahan ajar yang dikembangkan telah mengulas materi metabolisme karbohidrat secara keseluruhan dan telah melewati tahap validasi dan revisi hingga bahan ajar dikatakan valid.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13358
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository