• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Authenthic Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Ajaran 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Fahrisa Meigara Putri - 090210101055_1.pdf (732.8Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Fahrisa Meigara Putri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan authenthic assessment merupakan pembelajaran untuk menanamkan rasa percaya diri pada siswa sehingga bisa menampilkan prestasi yang baik melalui diskusi kelompok dengan tahap-tahap pembelajaran kooperatif tipe NHT. pPnilaian untuk siswa menggunakan authenthic assessment. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan authenthic assessment pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 2 Arjasa kelas VII F; (2) meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan authenthic assessment pada pokok bahasan Aritmatika Sosial di SMP Negeri 2 Arjasa kelas VII F berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 2 Arjasa tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 41 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini menggunakan dua siklus dengan masing-masing dua kali pembelajaran. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes, metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah: (1) aktivitas guru; (2) aktivitas siswa baik individu maupun kelompok; (3) penilaian portofolio (LKS dan PR); (4) tes (kuis dan tes akhir); (5) ketuntasan hasil belajar Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persentase aktivitas guru pada pembelajaran 1 sebesar 71,11%, pembelajaran 2 sebesar 73,33%, pembelajaran 3 sebesar 88,89%, dan pada pembelajaran 4 sebesar 93,33%. Berdasarkan data tersebut aktivitas guru mengalami peningkatan. Persentase aktivitas individu pada siklus I viii untuk mendengarkan instruksi/penjelasan guru 49,19%, memakai nomor anggota kelompok 71,55%, berpikir bersama (diskusi) 50%, bertanya 50,41%, menanggapi presenter 48,37%, berinteraksi dengan anggota kelompok 54,88%, mempresentasikan hasil diskusi 36,59%, menyelesaikan LKS 78,45%, mengisi lembar penilaian diri 78,45%, dan menyelesaikan kuis/tes akhir 79,67%. Aktivitas kelompok untuk keseriusan kelompok dalam diskusi kelas 64,23%, partisipasi dalam diskusi kelas 72,77%, dan pengumpulan tugas kelompok 79,67%. Pada siklus II, aktivitas individu untuk mendengarkan instruksi/penjelasan guru 67,89%, memakai nomor anggota kelompok 83,74%, berpikir bersama (diskusi) 72,76%, bertanya 63,41%, menanggapi presenter 52,03%, berinteraksi dengan anggota kelompok 71,95%, mempresentasikan hasil diskusi 40,65%, menyelesaikan LKS 78,86%, mengisi lembar penilaian diri 82,11%, dan menyelesaikan kuis/tes akhir 81,71%. Aktivitas kelompok untuk keseriusan kelompok dalam diskusi kelas 80,89%, partisipasi dalam diskusi kelas 78,86%, dan pengumpulan tugas kelompok 90,24%. Berdasarkan persentase aktiviats siswa baik individu maupun kelompok dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar mencapai 46,34% dan ada 22 siswa dari 41 siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Dari analisis ketuntasan belajar, pada siklus I secara klasikal kelas VII F belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus II, persentase belajar meningkat menjadi 87,81% dan hanya 5 siswa dari 41 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Dari analisis ketuntasan belajar, pada siklus II secara klasikal kelas VII F telah mencapai ketuntasan belajar Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas guru, aktivitas siswa, penilaian portofolio, dan tes penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan authenthic assessment ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13310
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository