• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BILINGUAL PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN SEGIEMPAT KELAS VII SMP SEMESTER GENAP

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (130.5Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Rezkie Dwi Wahyuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Four-D Model) yang terdiri atas empat tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran untuk menentukan kebutuhankebutuhan awal dalam suatu pembelajaran, seperti karakteristik berpikir dan pengalaman belajar siswa, materi atau konsep-konsep yang akan diajarkan, serta kegiatan atau tugas-tugas belajar yang akan diberikan. Pada tahap perancangan dilakukan pemilihan media dan format pembelajaran dalam LKS, serta perancangan prototipe LKS. Proses ini menghasilkan LKS yang disebut draf 1. LKS memuat materi segiempat yang terdiri atas enam sub bab yaitu persegi panjang, persegi, jajar genjang, belah ketupat, layang-layang, dan trapesium. Tahap selanjutnya adalah pengembangan. Pada tahap pengembangan dilakukan validasi dan uji coba LKS. Penilaian dan validasi dilakukan oleh tiga orang dosen Pendidikan Matematika dan satu orang guru bidang studi matematika. Uji coba LKS dilakukan di tiga sekolah yaitu SMP 3 Jember, SMP 1 Jember, dan SMP 1 Bondowoso. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKS memiliki kategori kevalidan sangat baik dengan rata-rata nilai kevalidan adalah 0,87. Dengan tercapainya kevalidan tersebut maka LKS dapat dikatakan valid dan layak diujicobakan tanpa validasi kembali. Hasil uji coba LKS menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria kepraktisan kategori baik dengan persentase penilaian pada angket respon siswa terhadap LKS adalah 77,03%. Dengan demikian, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) bilingual pada pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan segiempat layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13257
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository