• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) POKOK BAHASAN SISTIM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2010 – 2011

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (65.71Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    PHILIN UTILITARIANTI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan yang berjumlah 37 siswa. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Pengambilan data dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Data yang diambil meliputi aktifitas siswa, aktifitas guru, dan hasil belajar siswa. Data-data tersebut akan dianalisis dan analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I, aktivitas siswa belum maksimal, hasil tes siklus I belum tuntas dan efektifitas pembelajaran sudah cukup efektif. Dengan efektifitas pembelajaran sebesar 60,47% dan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada tes akhir yaitu 56,76%. Pada pertemuan selanjutnya diadakan pembenahan RPP dan manajemen kelas, hal ini diharapkan setelah siklus kedua berlangsung nilai tes akhir siswa dapat meningkat, menjadi sudah tuntas, begitu juga dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran, serta efektifitas guru dalam pembelajarannya. Berdasarkan analisis terhadap tes akhir siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dan pembelajaran Sistim Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) sudah tuntas. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada tes akhir siklus II yaitu 89,19%, dengan efektifitas pembelajaran sebesar 62,84 %. Keaktifan siswa pada siklus II meningkat disbanding siklus sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa Pembelajaran Matematika Realisti Indonesia (PMRI) mampu meningkatkan aktifitas siswa dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Panarukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13192
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository