Show simple item record

dc.contributor.authorDeasty Sujius Isnaini
dc.date.accessioned2013-12-27T02:20:39Z
dc.date.available2013-12-27T02:20:39Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM090210101030
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13190
dc.description.abstractSering kali guru matematika melakukan pembelajaran yang monoton, membosankan dan dapat mengurangi minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Pada akhirnya, banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan pembelajaran yang sulit untuk dipahami dan dimengerti. Anggapan ini yang membuat siswa sulit untuk memahami konsep sehingga sering kali siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Oleh karena itu, untuk menumbuhkan minat belajar siswa agar lebih mudah memahami konsep matematika, guru perlu mengadakan pembaharuan terhadap strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan adalah pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Pembelajaran ini dikemas dalam sebuah permainan melempar bola pertanyaan dari kelompok satu ke kelompok lain yang membutuhkan kemampuan yang sangat sederhana yang bisa diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa dapat belajar bersama teman-temannya dan lebih mengeksplorasi pengetahuannya. Pembelajaran ini dapat digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit. Materi matematika SMK Kelas X yang dianggap sulit dan membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam adalah persamaan kuadrat. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran; (2) mengetahui kecenderungan viii kesalahan siswa menyelesaikan soal persamaan kuadrat; (3) mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap persentase kesalahan siswa. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember kelas X AP 3 dengan subjek penelitian sebanyak 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus. Data yang dianalisis meliputi persentase aktivitas siswa melalui observasi dan kesalahan siswa menyelesaikan soal tes. Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing berjalan sesuai rencana dan dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I tergolong aktif dengan persentase sebesar 74,67% dan pada siklus II tergolong sangat aktif dengan persentase sebesar 80,63%. Kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan teknik. Hal ini dikarenakan siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Jumlah persentase kesalahan pada tes pendahuluan sebesar 70,18%, pada tes akhir I sebesar 45,28%, dan pada tes akhir II sebesar 11,83%. Berdasarkan hasil analisis tersebut, diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing mampu mengurangi kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMK Negeri 1 Jember dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210101030;
dc.subjectTipe Snowball Throwingen_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Mengurangi Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record