Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Mengurangi Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2012/2013
Abstract
Sering kali guru matematika melakukan pembelajaran yang monoton,
membosankan dan dapat mengurangi minat belajar siswa terhadap pembelajaran
matematika. Pada akhirnya, banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika
merupakan pembelajaran yang sulit untuk dipahami dan dimengerti. Anggapan ini
yang membuat siswa sulit untuk memahami konsep sehingga sering kali siswa
melakukan kesalahan dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Oleh
karena itu, untuk menumbuhkan minat belajar siswa agar lebih mudah memahami
konsep matematika, guru perlu mengadakan pembaharuan terhadap strategi, metode,
dan pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Salah satu pembelajaran yang dapat
diterapkan adalah pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing. Pembelajaran ini
dikemas dalam sebuah permainan melempar bola pertanyaan dari kelompok satu ke
kelompok lain yang membutuhkan kemampuan yang sangat sederhana yang bisa
diterapkan dalam proses belajar mengajar sehingga siswa dapat belajar bersama
teman-temannya dan lebih mengeksplorasi pengetahuannya. Pembelajaran ini dapat
digunakan untuk memberikan konsep pemahaman materi yang sulit. Materi
matematika SMK Kelas X yang dianggap sulit dan membutuhkan pemahaman
konsep yang mendalam adalah persamaan kuadrat. Tujuan penelitian ini adalah: (1)
mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran; (2) mengetahui kecenderungan
viii
kesalahan siswa menyelesaikan soal persamaan kuadrat; (3) mengetahui pengaruh
pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing terhadap persentase kesalahan siswa.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember kelas X AP 3 dengan subjek
penelitian sebanyak 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah
metode observasi, wawancara, dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus.
Data yang dianalisis meliputi persentase aktivitas siswa melalui observasi dan
kesalahan siswa menyelesaikan soal tes.
Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing berjalan sesuai rencana dan dapat menumbuhkan keaktifan siswa
dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I tergolong aktif dengan
persentase sebesar 74,67% dan pada siklus II tergolong sangat aktif dengan
persentase sebesar 80,63%. Kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa adalah
kesalahan teknik. Hal ini dikarenakan siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal.
Jumlah persentase kesalahan pada tes pendahuluan sebesar 70,18%, pada tes akhir I
sebesar 45,28%, dan pada tes akhir II sebesar 11,83%. Berdasarkan hasil analisis
tersebut, diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing mampu
mengurangi kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMK Negeri 1 Jember dalam
menyelesaikan soal persamaan kuadrat.