dc.contributor.author | Muhammad Akarudin | |
dc.date.accessioned | 2013-12-27T02:16:41Z | |
dc.date.available | 2013-12-27T02:16:41Z | |
dc.date.issued | 2013-12-27 | |
dc.identifier.nim | NIM050210101331 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13178 | |
dc.description.abstract | Pengumpulan data ini dilakukan di SMP Negeri 1 Grujugan Bondowoso pada
tanggal 11 januari 2011 sampai dengan 24 januari 2011. Responden dalam penelitian
ini adalah semua kelas VIII-A semester genap SMP Negeri 1 Grujugan Bondowoso
tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan
metode tes, sedangkan data yang dikumpulkan adalah berupa aktivitas siswa selama
pembelajaran, hasil wawancara dan hasil tes.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini antara lain siswa pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)., masing-masing aktivitas
mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan peningkatan aktivitas tertinggi
pada aktivitas menuliskan penyelesaian soal dalam LKS.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) mendapat respon positif dari siswa walaupun masih ada siswa
yang kurang aktif. Persentase aktivitas siswa secara klasikal diperoleh sebesar
83,33% berada pada kategori sangat aktif sedangkan Persentase ketuntasan hasil
belajar siswa secara klasikal 83,33%. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 050210101331; | |
dc.subject | Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar Siswa, Lingkaran | en_US |
dc.title | PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI GRUJUGAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 | en_US |
dc.type | Other | en_US |