Show simple item record

dc.contributor.authorAnnas
dc.date.accessioned2013-12-27T02:04:13Z
dc.date.available2013-12-27T02:04:13Z
dc.date.issued2013-12-27
dc.identifier.nimNIM080210191042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13146
dc.description.abstractPada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 5 Jember diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Akibatnya pembelajaran cenderung monoton dan kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajarnya dalam Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan materi yang berbeda. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins, prosedur penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan tes yang dilaksanakan pada bulan 15-28 November 2012. Analisis yang digunakan terdiri dari 1). deskriptif kualitatif dilakukan pada kegiatan observasi, tanggapan siswa dan kesulitan-kesulitan siswa serta wawancara; 2). analisis kuantitatif yang dilakukan pada tes akhir siswa. Pembelajaran dilaksanakan dengan penjelasan materi secara singkat yang dilanjutkan dengan pengerjaan LKS melalui kerja kelompok Hasil dan kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1).Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis Pemecahan Masalah Model Polya pada Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel secara umum berjalan dengan lancar meskipun terdapat beberapa kekurangan pada siklus pertama tetapi dapat diperbaiki pada siklus kedua.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210191042;
dc.subjectPembelajaran Contextual Teaching And Learningen_US
dc.title“Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Jember Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tahun Ajaran 2012/2013”. Annas; 080210191042en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record