• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    “Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Jember Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tahun Ajaran 2012/2013”. Annas; 080210191042

    Thumbnail
    View/Open
    Annas - 080210191042_1.pdf (319.2Kb)
    Date
    2013-12-27
    Author
    Annas
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 5 Jember diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Akibatnya pembelajaran cenderung monoton dan kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajarnya dalam Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan materi yang berbeda. Berdasarkan model skema penelitian tindakan Hopkins, prosedur penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan tes yang dilaksanakan pada bulan 15-28 November 2012. Analisis yang digunakan terdiri dari 1). deskriptif kualitatif dilakukan pada kegiatan observasi, tanggapan siswa dan kesulitan-kesulitan siswa serta wawancara; 2). analisis kuantitatif yang dilakukan pada tes akhir siswa. Pembelajaran dilaksanakan dengan penjelasan materi secara singkat yang dilanjutkan dengan pengerjaan LKS melalui kerja kelompok Hasil dan kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut : 1).Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis Pemecahan Masalah Model Polya pada Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel secara umum berjalan dengan lancar meskipun terdapat beberapa kekurangan pada siklus pertama tetapi dapat diperbaiki pada siklus kedua.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/13146
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository