“Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis Pemecahan Masalah Model Polya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Jember Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Tahun Ajaran 2012/2013”. Annas; 080210191042
Abstract
Pada umumnya pembelajaran matematika di sekolah masih berpusat pada
guru dan siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil
wawancara dengan guru bidang studi matematika di SMP Negeri 5 Jember diperoleh
informasi bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Akibatnya
pembelajaran cenderung monoton dan kurang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimanakah penerapan, aktivitas siswa dan peningkatan hasil
belajarnya dalam Pembelajaran Contextual Teaching And Learning
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model skema yang
digunakan adalah model skema penelitian tindakan Hopkins dan dilaksanakan
sebanyak dua siklus dengan materi yang berbeda. Berdasarkan model skema
penelitian tindakan Hopkins, prosedur penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan tes yang
dilaksanakan pada bulan 15-28 November 2012. Analisis yang digunakan terdiri dari
1). deskriptif kualitatif dilakukan pada kegiatan observasi, tanggapan siswa dan
kesulitan-kesulitan siswa serta wawancara;
2). analisis kuantitatif yang dilakukan pada tes akhir siswa.
Pembelajaran dilaksanakan dengan penjelasan materi secara singkat yang
dilanjutkan dengan pengerjaan LKS melalui kerja kelompok
Hasil dan kesimpulan yang diperoleh adalah sebagai berikut :
1).Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis Pemecahan
Masalah Model Polya pada Sub Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua
Variabel secara umum berjalan dengan lancar meskipun terdapat beberapa
kekurangan pada siklus pertama tetapi dapat diperbaiki pada siklus kedua.