Pengembangan Perangkat Pembelajaran Multimetode IPA SD Kelas V SD Kelas V Pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Manusia
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran multimetode IPA yang memiliki kualitas baik dan efektif menunjang kegiatan belajar mengajar IPA. Pengembangan perangkat pembelajaran mengacu pada unsur-unsur pengembangan perangkat pengajaran menurut Kemp. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar Siswa (BAS), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) yang diujicobakan pada siswa kelas V SD dengan subjek sebanyak 27 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan pada ujicoba 1 dan ujicoba 2 adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memiliki kualitas baik dan layak untuk digunakan, hal ini dasarkan pada kualitas RPP, kualitas BAS, kualitas LKS, serta kualitas THB adalah baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran. (2) Penerapan perangkat pembelajaran efektif menunjang kegiatan belajar mengajar yang didasarkan pada aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa siswa belajar aktif dan hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan individual sebesar 96,3% pada ujicoba 1 dan 100% pada ujicoba 2.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7359]