ANALISIS SEGMENTASI PASAR BERBASIS ATRIBUT PPRODUK BODY LOTION PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui segmentasi pasar lima
merek Body Lotion berdasarkan atribut produk; untuk mengetahui merek
produk Body Lotion apa saja untuk masingmasing segmen; untuk
mengetahui merek produk Body Lotion apa yang paling diminati oleh
MAHASISWA. penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna produk Body Lotion di
wilayah Kota Jember dengan fokus pada MAHASISWA S1 Fakultas
Ekonomi Universitas Jember yang aktif untuk periode tahun akademik
2012/2013. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis cluter. Berdasarkan
Hasil penelitian menunjukkan segmentasi produk Body Lotion
dikelompokkan menajdi Cluster-1 memberikan penilaian yang baik
terhadap harga, aroma, kemasan, promosi, ketersediaan dan kelembaban.
Cluster-2 memberikan penilaian yang baik terhadap faktor harga,
kemasan, promosi, ketersediaan dan kelembutan. Cluster-3 memberikan
penilaian yang baik terhadap faktor harga, kemasan, promosi,
ketersediaan dan kelembaban. Merek produk Body Lotion yang ada pada
tiap – tiap segmen adalah Nivea, Citra dan Vaseline. Merek produk Body
Lotion yang paling diminati oleh konsumen adalah Vaselin.