Analisis Modul Matematika SMP yang Dipakai oleh Lembaga Bimbingan Belajar Berdasarkan Kriteria Bell
Abstract
Lembaga bimbingan belajar didirikan oleh pihak swasta yang berupa
lembaga atau yayasan pendidikan dan harus didaftarkan dan mendapat ijin dari
Depdiknas. Pelaksanaan sistem pengajaran di lembaga bimbingan belajar pada
umumnya menggunakan modul sebagai bahan ajar. Keberhasilan siswa dalam
menggunakan modul juga ditentukan oleh kualitas modul tersebut. Kualitas yang
rendah dari modul sebagai bahan pelajaran dapat mengakibatkan rendahnya kualitas
belajar dan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan analisis isi matematika
dan metode penyajian materi pada modul yang dipakai oleh lembaga bimbingan
belajar. Tujuan penelitian ini untuk menelaah kesesuaian (1) isi matematika dan (2)
metode penyajian materi pada modul matematika SMP yang dipakai oleh lembaga
bimbingan belajar Primagama dan DELTA. Hasil penelitian diharapkan dapat
dimanfaatkan sebagai referensi dalam menggunakan suatu bahan ajar (modul).
Pada penelitian ini, pendeskripsian dilakukan dengan cara mencocokkan
kriteria untuk menganalisis kesesuaian modul matematika SMP yang dipakai oleh
lembaga bimbingan belajar menurut kriteria Bell. Peneliti atau dengan bantuan orang
lain merupakan alat pengumpul data utama yaitu yang merencanakan,
mengumpulkan, mengelola dan menganalisis data berdasarkan kriteria Bell. Akan
diamati kesesuaian bahan sajian modul matematika SMP lembaga bimbingan belajar
menurut kriteria Bell. Jadi pendeskripsian dilakukan dengan cara memberikan
gambaran secara menyeluruh pada modul matematika SMP yang dipakai oleh
lembaga bimbingan belajar berdasarkan kriteria Bell.