Prospek Penjualan Produk Per Divisi yang ada pada PT.Uni Rama Duta Niaga di Jember
Abstract
Penelitian yang dilakukan mengambil judul “ Prospek Penjualan Produk Per
Divisi Yang Ada Pada PT Unirama Duta Niaga di Jember”. Adapun yang menjadi
tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui tingkat keuntungan setiap divisi
yang ada ditinjau dari sudut profitabilitasnya, khususnya profit margin. Selain itu,
untuk menentukan divisi yang perlu mendapat prioritas pengembangan bila dikaitkan
dengan prestasi sumbangan keuntungan yang diberikan kepada pemsahaan.
Penelitian dilakukan pada PT Unirama Duta Niaga Jember selama bulan November
2002 sampai dengan bulan Januari 2003.
Penelitian dilakukan dengan mencari data sekunder yang diperoleh dari
bagian kas bank, operator komputer, dan dari manajer operasional PT Unirama Duta
Niaga Jember.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka hasil yang diperoleh yaitu apabila
ditinjau dari sudut profit margin tertinggi hingga terendah adalah divisi Mix,
kemudian divisi Sara Lee, dan terakhir divisi Tiga Raksa. Namun bila ditinjau dari
sudut perolehan laba dari laporan rugi/laba, maka urutan tertinggi keurutan terendah
adalah divisi Sara Lee, disusul divisi Tiga Raksa, dan terakhir divisi Mix.
Simpulan yang dapat diambil dari hasil analisis yaitu perusahaan dapat
melakukan pengembangan pemasaran pada semua divisi, karena divisi yang
mempunyai keuntungan tinggi belum tentu mempunyai profit margin yang tinggi
pula. Hal ini merupakan indikator bahwa semua divisi dapat saling menunjang dalam
memberikan sumbangan keuntungan bagi perusahaan.