• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Implementasi Problem based learning dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna di SKB Gudo Kabupaten Jombang

    Thumbnail
    View/Open
    Tika Devi Febrianti_200210201009 (938.5Kb)
    Date
    2025-02-17
    Author
    FEBRIANTI, Tika Devi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan nonformal merupakan jalur pendidikan yang berlangsung di luar pendidikan formal, salah satu program pendidikan nonformal ialah pendidikan kesetaraan. Pendidikan kesetaraan ini ditunjukkan kepada mereka yang tidak dapat mengenyam pendidikan formal karena berbagai alasan. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) merupakan salah satu contoh lembaga nonformal yang menyelenggarakan program kesetaraan. Pembelajaran seharusnya dapat menciptakan pengalaman yang bermakna sehingga SKB Gudo Jombang dipilih sebagai lokasi penelitian karena lembaga ini menerapkan PBL sebagai salah satu model pembelajaran, yang berbeda dengan sistem pendidikan formal. Implementasi problem based learning di SKB ini dirancang untuk mengatasi tantangan yang ada di pendidikan nonformal, seperti keterbatasan waktu, sumber daya, dan keberagaman peserta didik. PBL memungkinkan peserta didik untuk belajar melalui pemecahan masalah yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan aplikatif. Penelitian ini merumuskan masalah dengan focus mengenai Bagaimana Implementasi Problem Based Learning Dalam Menciptakan Pengalaman belajar yang bermakna di SKB Gudo Kabupaten Jombang. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Problem Based Learning dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna di SKB Gudo Kabupaten Jombang. Adapun manfaat penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi penting dalam literatur pendidikan, khususnya dalam implementasi Problem Based Learning untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis deskriptif kualitatif. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu di SKB Gudo Jombang. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Dalam pengujian kredibiltas data menggunakan teknik keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan serta triangulasi meliputi triangulasi sumber dan teknik. Adapun metode analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL di SKB Gudo Jombang efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik. PBL berhasil meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar, serta membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama. Selain itu, penerapan PBL juga memungkinkan peserta didik untuk lebih mandiri dalam mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi. Dengan pendekatan yang kreatif, seperti mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran, PBL memberikan pengalaman belajar yang lebih relevan dan aplikatif. Namun, penelitian ini juga menemukan seperti tutor kesulitan dalam mengelola kelompok yang beragam. Meskipun demikian, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan penerapan PBL di masa depan dengan meningkatkan keterampilan tutor dalam mengelola kelompok belajar. Kesimpulan dari penelitian ini implementasi problem based learning di SKB Gudo Jombang berhasil menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan bermakna, serta meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbagai aspek, seperti berpikir kritis, komunikasi, dan kerja sama. Proses pembelajaran yang berbasis pada pemecahan masalah nyata memungkinkan peserta didik untuk lebih aktif dan mandiri dalam mencari solusi, yang pada gilirannya memperkuat pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan nonformal, khususnya dalam menerapkan metode PBL sebagai model pembelajaran yang efektif dan aplikatif.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128696
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15777]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository