• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Kualitas Magang MBKM Terhadap Capaian Pembelajaran: Studi Perbandingan Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Hikmatul Laila_200810301136 (1.944Mb)
    Date
    2025-01-06
    Author
    LAILA, Hikmatul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kebijakan Merdeka Belajar ̶ Kampus Merdeka (MBKM) memberikan berbagai pilihan bentuk kegiatan pembelajaran, salah satunya yaitu magang MBKM. Magang MBKM menjadi salah satu kegiatan pembelajaran yang paling diminati oleh mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan Magang MBKM diberikan hak untuk memperoleh rekognisi, salah satunya konversi SKS pada mata kuliah. Realita di lapangan, ditemukan bahwa tidak semua kegiatan magang yang dilakukan oleh mahasiswa relevan dengan program studinya. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh kualitas magang MBKM terhadap capaian pembelajaran mahasiswa berdasarkan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), serta menganalisis perbedaan capaian pembelajaran antara dua kelompok mahasiswa. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Jember angkatan 2020 dan 2021, dengan sampel 204 responden yang terdiri atas 143 mahasiswa kuliah reguler, dan 61 mahasiswa mengikuti magang MBKM dan mendapatkan konversi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif dan korelasional. Analisis data dilakukan menggunakan SmartPLS 4 untuk melakukan analisis PLS-SEM yang terdiri atas inner model dan outer model, serta IBM SPSS 30 untuk melakukan uji U Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas magang MBKM berpengaruh signifikan terhadap capaian pembelajaran mahasiswa. Di antara lima dimensi kualitas magang yang dianalisis, pengaturan pekerjaan, konten pembelajaran, serta bimbingan dan tunjangan kelayakan kerja memiliki pengaruh terbesar. Supervisi akademik, serta birokrasi dan aksesibilitas menunjukkan pengaruh yang lebih kecil. Uji perbedaan capaian pembelajaran antara kedua kelompok mahasiswa tidak menunjukkan perbedaan signifikan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128692
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12621]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository