Show simple item record

dc.contributor.authorDINIYAH, Khittotud
dc.date.accessioned2025-11-20T03:03:23Z
dc.date.available2025-11-20T03:03:23Z
dc.date.issued2022-11-26
dc.identifier.nim150210402041en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128679
dc.descriptionFinalisasi oleh Ardi Tanggal 20 Nopember 2025en_US
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 berbasis teks. Terdapat keterampilan menulis yang di ajarkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Satu di antara teks yang diajarkan adalah teks deskripsi. Keterampilan menulis atau memproduksi teks dilaksanakan atas dasar pemahaman siswa terhadap informasi tentang teks yang akan dipelajari. Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang tidak mudah untuk dilakukan, memerlukan keterampilan lain seperti mendengar, berbicara, membaca, untuk kemudian dapat melakukan menulis. Pada keterampilan menulis teks deskripsi tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan kalimat yang dilakukan oleh siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian berupa kalimat yang diindikasi mengalami kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL_Irsyad Banyuwangi. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi. Teknik analisis terdiri atas tiga hal, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian ini berupa tabel pengumpul data dan tabel analisis data. Prosedur penelitian terdiri atas tiga tahap, yaitu (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap penyelesaian. Berdasarkan hasil dan pembahasan, terdapat kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab kelas VII SMP AL-Irsyad Banyuwangi.Kesalahan kalimat tersebut meliputi: (1) kalimat tidak gramatikal ditandai dengan kalimat tidak bersubjek, berpredikat, dan berobjek, (2) kalimat tidak padu ditandai dengan struktur yang kurang tepat, (3) kalimat tidak hemat ditandai dengan kalimat yang mengandung kata yang bermakna sama, penggunaan kata bentukan beserta maknanya, dan penggunaan konjungsi yang berlebihan , (4) kalimat tidak logis ditandai dengan pemilihan kata yang tidak tepat sehingga meyebabkan makna kalimat tidak masuk akal, (5) kalimat tidak cermat ditandai dengan kalimat yang menggunakan kata tidak baku, penulisan, dan pelafalan yang menyimpang dari kaidah bahasa Indonesia, (6) kalimat taksa/ambigu ditandai dengan kalimat yang memiliki makna ganda, (7) kalimat interferensi ditandai dengan kalimat yang terpengaruh oleh bahasa lain yang bersifat mengganggu baik secara leksikal maupun gramatikal. Berdasarkan uraian di atas, dapat diberikan saran kepada siswa keturunan Arab untuk memahami kaidah kebahasaan dalam menulis teks deskripsi, memilih kaidah bahasa Indonesia yang benar di antara bahasa lain, serta menghindari bentuk-bentuk kesalahan kalimat. Bagi guru bahasa Indonesia, diharapkan hasil penelitian ini dapat meminimalisir kesalahan kalimat dalam teks deskripsi karya siswa keturunan Arab.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama : Dr. Arju Muti‟ah, M.Pd. Pembimbing Anggota : Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKETURUNAN ARABen_US
dc.subjectKESALAHAN KALIMAT DALAM TEKS DESKRIPSIen_US
dc.titleKesalahan Kalimat dalam Teks Deskripsi Karya Siswa Keturunan Arab Kelas VII SMP Al-Irsyad Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Arju Muti‟ah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Anita Widjajanti, S.S., M.Hum.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record