Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning (PBL)
Berbantuan Media Kotak Kartu Misterius Digital (E-KOKAMI) Flashcard Quizlet terhadap
minat dan hasil belajar siswa SMA. Jenis penelitian ini yakni, kuasi eksperimen,dengan
membutuhkan dua kelas sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol
tidak diberi perlakuan. Model PBL memiliki 5 sintak, yakni Orientation, Problem Statement,
Data Collection, Data Processing, dan Verification. Materi yang diajarkan dalam penelitian
ini, yakni ketahanan pangan, industri, dan energi. Sebelum dilakukan penelitian, terlebih\
dahulu dilakukan uji homogenitas dan uji normalitas untuk menentukan sampel penelitian
pada populasi penelitian. Adapun hasil penelitian hasil belajar, rata-rata pretest kelas
eksperimen 61,11 dan 55,4 pada kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
73,888 dan 69,4 pada kelas kontrol. Adapun hasil penelitian minat belajar, rata-rata pretest
kelas eksperimen 75,93 dan 67,4 pada kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen
82 dan 76,56 pada kelas kontrol. Uji t-test minat belajar sebesar 0,012 ≤ 0,05 maka
berpengaruh. Uji mann whitney hasil belajar sebesar 0,446 ≥ 0,05 maka tidak berpengaruh.