Pengaruh Penggunaan Implikatur pada Iklan Kosmetik Somethinc di Instagram terhadap Sikap Persuasif Remaja Perempuan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan implikatur dalam beberapa iklan kosmetik di Instagram mempengaruhi sikap persuasif persuasif remaja putri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan non-probality sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden dalam penelitian ini berjumlah 60, diantaranya yang memiliki kriteria pengguna aktif menggunakan Instagram, remaja putri, berusia 15-24 tahun, pernah terpapar iklan kosmetik, dan tertarik dengan kosmetik. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan signifikan antara penggunaan implikatur dalam iklan kosmetik somethinc terhadap persuasif remaja putri. Uji t/uji parsial menunjukkan nilai signifikansi signifikansi sebesar 0,000 > 0,05, maka disimpulkan bahwa variabel implikatur (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel sikap persuasif (Y). Kontribusi dari variabel variabel implikatur terhadap sikap persuasif remaja putri sebesar 89%, sedangkan sedangkan 11% sisanya dijelaskan oleh variabel atau faktor lain. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan implikatur dalam iklan kosmetik memiliki pengaruh terhadap sikap persuasif remaja perempuan.