Pengaruh Model Problem Based learning Berbantuan Media Gemini AI Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMA/MA
Abstract
Pendidikan era digital menuntut siswa memiliki keterampilan dan kompetensi untuk masa depan, seperti kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Gemini AI menjadi alternatif untuk membantu siswa menemukan dan menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Gemini AI terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMA/MA. Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode Quasi Experimen menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Hasil data penelitian menunjukkan nilai yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji T-Test kemampuan berpikir kreatif didapatkan Sig. (2-tailed) 0,000 dan pada hasil belajar menadapatkan Sig. (2-tailde) 0,000. Diperkuat dengan hasil uji N-Gain mengindikasikan peningkatan tinggi sebesar 0,7 pada kelas eksperimen, dibandingkan peningkatan sedang pada kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Gemini AI terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.