• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Modul IPA Berbantuan Augmented Reality untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Tivanka Priti Hernanda_210210104050 (8.801Mb)
    Date
    2025-04-14
    Author
    PRITI HERNANDA, Tivanka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan literasi sains dalam pembelajaran IPA merupakan kemampuan memahami dan menerapkan konsep ilmiah untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata. Literasi sains mencakup pemahaman terhadap fakta ilmiah, penerapan metode ilmiah, serta analisis hubungan antara sains, teknologi, dan masyarakat. Kemampuan ini tidak hanya melibatkan membaca dan menulis teks ilmiah, tetapi juga memahami konsep melalui eksperimen, analisis data, serta penarikan kesimpulan berdasarkan bukti. Faktanya, tingkat literasi sains di Indonesia masih rendah, sebagaimana ditunjukkan oleh berbagai penelitian yang mengungkapkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menjelaskan fenomena, dan menghubungkan ide dengan permasalahan nyata. Faktor utama penyebab rendahnya literasi sains adalah metode pembelajaran yang lebih menekankan hafalan dibanding penerapan konsep dalam kehidupan seharihari. Selain itu, banyak bahan ajar konvensional yang masih kurang interaktif dan tidak memberikan pengalaman langsung dalam memahami materi, sehingga siswa kesulitan mengaitkan teori dengan praktik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, solusi alternatif yang dapat digunakan yaitu melalui pengembangan modul pembelajaran. Modul ini berfungsi sebagai unit pembelajaran mandiri yang terstruktur untuk membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu pengembangan dari modul pembelajaran yaitu modul IPA berbantuan Augmented Reality untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelaajran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari modul IPA berbantuan Augmented Reality dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul IPA berbantuan Augmented Reality dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan produk menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap, yaitu yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek uji coba produk adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri 2 jember tahun ajaran 2024/2025. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas dengan menggunakan lembar validasi untuk mengetahui validitas modul IPA berbantuan Augmented Reality, analisis kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui kepraktisan modul IPA berbantuan Augmented Reality, dan analisis keefektifan dengan menggunakan skor N-gain dari pretes dan posttest serta angket respon siswa setelah menggunakan modul IPA berbantuan Augmented Reality. Data validitas modul IPA berbantuan Augmented Reality memperoleh skor rata-rata sebesar 83% dari ketiga validator dengan kategori sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kepraktisan modul IPA berbantuan Augmented Reality berdasarkan pengamatan oleh observer terhadap keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 85% dengan kategori sangat praktis dan mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Keefektifan modul IPA berbantuan Augmented Reality memperoleh skor N-gain sebesar 0,71 dengan kategori peningkatan tinggi dan berdasarkan angket respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan modul IPA berbantuan Augmented Reality yaitu sebesar 84% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbantuan Augmented Reality dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128567
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15754]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository