Analisis Strategi Bersaing Retail Elektronik Pada E-commerce Shopee (Studi Kasus Thomas Electronic)
Abstract
Penelitian ini bertujuan melakukan analisis strategi bersaing retail elektronik pada e- commerce Shopee (studi kasus Thomas Elektronics). Adapun ranccangan penelitian ini menggunakan Mixed-Method. Metode yang digunakan adalah Sequential Explanatory yang menggabungkan data dari satu metode dengan metode lainnya. Obyek penelitian yang dibutuhkan ini ialah perusahaan bisnis retail elektronik di Kabupaten Jember Provinsi Jawa timur yaitu Thomas Electronics kurang lebih 4 (empat) bulan. Penentuan informan pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan purposive. Penelitian ini akan menggunakan data primer dan sekunder. Pengolahan data ini dimasukan untuk Menyusun strategi untuk membangun loyaliatas melalui kualitas pelanan pada bisnis retail elektronik dengan pendekatan konsep manajemen strategi. Analisis kualitatif menggunakan analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix. Berdasarkan analisis pembahasan, maka kesimpulannya: 1) Berdasarkan analisis Matriks SWOT, faktor internal Shopee Thomas Electronics terdiri atas faktor kekuatan dan kelemahan yang dimiliki shopee thomas electronics. Selanjutnya faktor eksternal dari Shopee Thomas Electronics terdiri atas faktor peluang dan ancaman; 2) Setelah melalui input data, pencocokan, dan tahap keputusan pada analisis QSPM, maka didapatkan strategi utama yang mendapatkan nilai daya tarik tertinggi (6,518) pada QSPM; 3) Perencanan pengembangan model bisnis shopee thomas electronics dalam menghadapi persaingan bisnis didasarkan pada strategi dengan prioritas tertinggi yaitu melaksanakan kegiatan flash sale pada momen tertentu.
Collections
- MT-Management [556]