• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Hots Materi Barisan dan Deret Menurut Tahapan Krulik dan Rudnick

    Thumbnail
    View/Open
    Aidha Ristiana Amalia Gayo_200210101086 (3.952Mb)
    Date
    2025-05-26
    Author
    GAYO, Aidha Ristiana Amalia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam mempelajari matematika, peserta didik perlu menguasai beberapa kemampuan utama menurut National Council of Teachers of Mathematics (NCTM), yaitu pemecahan masalah, komunikasi, koneksi, penalaran, dan representasi. Pemecahan masalah menjadi kemampuan dasar yang esensial, di mana Polya mendefinisikannya sebagai upaya mencari solusi dari permasalahan yang kompleks. Keterampilan ini terkait erat dengan kehidupan sehari-hari dan sering kali melibatkan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) serta soal non rutin, yang menuntut analisis dan pemikiran tingkat tinggi. Meskipun soal HOTS dan non rutin berfungsi meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan relevan dalam konteks PISA, hasil PISA 2022 menunjukkan rendahnya skor literasi matematika peserta didik Indonesia. Materi barisan dan deret dianggap penting untuk melatih kemampuan ini, mengingat keterkaitannya dengan situasi kontekstual. Oleh karena itu, penelitian diperlukan untuk menganalisis dan merancang perbaikan pembelajaran guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret sesuai dengan tahapan Krulik dan Rudnick. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2024 sampai 23 Juli 2024. Lokasi penelitian terletak di SMAN 2 Bondowoso dengan subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI IPA 1 yang terdiri dari 30 peserta didik dengan rincian 5 peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, 20 peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang, dan 5 peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah. Data kemampuan pemecahan masalah matematis didapat dari skor tes pemecahan masalah. Berdasarkan rincian pengelompokan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kemudian diambil 2 subjek penelitian dari tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis rendah untuk dianalisis dan dilakukan wawancara lebih dalam. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes dan pedoman wawancara yang kemudian dianalisis, disajikan, dicek keabsahan datanya, dan dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data pada penelitian ini didapat bahwa R1 dan R2 dengan kategori kemampuan pemecahan masalah rendah pada tahapan membaca dan berpikir dapat mengidentifikasi informasi penting, pertanyaan, dan merepresentasikan permasalahan dengan baik. Pada tahapan menyelidiki dan merencanakan, R1 dan R2 dapat mengatur informasi dan mencari informasi yang cukup pada soal level C4 dan C6, namun pada soal level C5 tidak dapat mengatur informasi dan mencari informasi yang cukup dikarenakan kedua subjek tidak dapat mengaitkan informasi pada soal dengan konsep yang relevan. Pada tahapan memilih suatu strategi, R1 dan R2 dapat memilih rumus yang benar dan tepat pada soal C4 dan C6 walaupun secara ragu-ragu dan tidak dapat memilih rumus yang tepat pada soal level C5. Pada tahapan menemukan suatu jawaban, R1 dan R2 dapat menggunakan keterampilan komputasi dengan baik dan menemukan jawaban walaupun jawaban yang didapat belum sepenuhnya tepat. Pada tahapan menggambarkan dan menyampaikan, R1 dan R2 dapat membuat kesimpulan walaupun belum sepenuhnya tepat.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/128498
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15730]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository