Analisis Penerapan dan Pelaporan CSR Berbasis Strategik dan Non Strategik pada PT. Mitratani Dua Tujuh sebagai Perusahaan Eksportir Produk Berkelanjutan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menjelaskan penerapan serta pelaporan CSR berbasis strategik dan non strategik pada PT. Mitratani Dua Tujuh sebagai perusahaan eksportir produk berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengeksplorasi dan memahami cara perusahaan dalam menerapkan dan menyusun laporan kegiatan CSR dalam laporan berkelanjutan berdasarkan standar yang digunakan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa PT. Mitratani Dua Tujuh menerapkan kegiatan CSR sebanyak 19 item kegiatan, yang terdiri dari 12 item kegiatan CSR strategik dan 7 item kegiatan CSR non strategik. Pada kegiatan CSR strategik, perusahaan menerapkan kegiatan CSR berupa 2 kegiatan pada aspek ekonomi, 5 kegiatan pada aspek lingkungan, dan 5 kegiatan pada aspek sosial. Sedangkan, pada kegiatan CSR non strategik, perusahaan menerapkan kegiatan CSR berupa 1 kegiatan pada aspek ekonomi dan 6 kegiatan pada aspek sosial. PT. Mitratani Dua Tujuh melaporkan kegiatan CSR yang diterapkan dalam laporan keberlanjutan (Sustainability Report) yang bersifat stand-alone. Laporan tersebut dibentuk sejak tahun 2024 dengan mencakup penerapan kegiatan CSR perusahaan pada tahun 2023, serta disusun berdasarkan standar GRI tahun 2021, yang berisi GRI 2, GRI 3, GRI 200, GRI 300, dan GRI 400. Akan tetapi, dalam laporan berkelanjutan perusahaan belum mengidentifikasi manakah yang termasuk kegiatan CSR strategik dan non strategik secara eksplisit. Untuk tahun-tahun sebelumnya, perusahaan melaporkan kegiatan CSR dalam bentuk laporan manajemen setiap bulan yang bersifat confidential. Penelitian ini memberikan wawasan tentang penerapan CSR sebagai bagian dari strategi keberlanjutan perusahaan.